Cara Kirim Pesan WhatsApp (WA) Menggunakan Google Assistant

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi, tirto.id - 9 Sep 2019 17:55 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kirim pesan WA via Google Assistant dimungkinkan lantaran Google telah menambah dukungan WhatsApp di asisten virtual ini.
tirto.id - Google telah menambah dukungan WhatsApp (WA) untuk Assistant sehingga bisa digunakan untuk mengirim pesan WA. Melansir Android Police, Senin(9/9/2019), adapun jenis pesan yang dapat dikirim berupa teks, suara, atau video.

Sebelumnya, kemampuan untuk melakukan pengiriman pesan suara dan video melalui Google Assistant hanya mendukung aplikasi bawaan seperti Hangouts dan Google Duo. Mengenai dukungan terhadap WhatsApp akan digulirkan secara bertahap.

Sebelum meminta Google Assistant untuk mengirim pesan WhatsApp, pastikan nomor yang dituju sudah tersimpan di daftar kontak dan memiliki akun WhatsApp. Jika tidak memenuhi dua syarat tersebut, maka Google Assistant tidak dapat memroses pengiriman pesan WhatsApp.

Setelah dua syarat di atas terpenuhi, pengguna dapat mengirim pesan WhatsApp dengan menggunakan pesan suara atau perintah melalui Google Assistant. Berikut cara kirim pesan WA melalui Google Assistant:

  1. Jalankan Google Assistant dengan menekan dan tahan tombol Home. Bagi yang menggunakan Android One atau platform Android stock lainnya cukup katakan "Ok Google"
  2. Perintahkan untuk mengirim pesan WA dengan format "kirim WhatsApp + (nama kontak)"
  3. Kemudian Google Assistant akan menanyakan isi pesan yang akan dikirim. Katakan isi pesan tersebut melalui suara, misalnya "Hai, sudah makan belum?"
  4. Google Assistant akan mengonfirmasi dengan membacakan isi pesan kemudian menanyakan pengguna apakah akan mengirim pesan tersebut atau tidak
  5. Katakan "ubah" jika ingin mengubah pesan atau katakan "kirim" jika ingin mengirim pesan
  6. Google Assistant telah mengirimkan pesan WhatsApp ke kontak yang diinginkan

Adapun cara di atas dilakukan dengan menggunakan setting Bahasa Indonesia di Google Assistant. Pengguna juga dapat mengirim pesan video atau suara dengan perintah "Hey Google, WhatsApp video + (sebut nama kontak)."

Meski demikian, jika ingin mengirim pesan video atau suara, mungkin menggunakan setting Bahasa Inggris di Google Assistant, karena saat Tirto mencoba dengan pengaturan Bahasa Indonesia masih belum bisa dilakukan.



Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis

DarkLight