Cara Keluar Grup WhatsApp (WA) Tanpa Diketahui Anggota Lain

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi - 5 Okt 2021 03:20 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Agar cara keluar dari grup WA tanpa diketahui berhasil, ada 3 tips yang perlu pengguna WhatsApp pahami. Apa saja? Berikut ini panduan dan penjelasannya.
tirto.id - Cara keluar dari grup WA tanpa diketahui perlu pengguna WhatsApp pahami terutama bagi mereka yang ingin cabut dari grup obrolan karena alasan tertentu.

Grup WhatsApp (WA) saat ini marak jadi tempat diskusi banyak orang, entah itu teman kantor, keluarga, alumni, dan lainnya. Namun, karena banyaknya grup yang diikuti, notifikasi muncul bertubi-tubi dan kadang mengganggu.

Tak hanya itu, banyak grup yang diikuti kadang membuat smartphone jadi agak berat atau performanya berkurang. Solusi terburuk, keluar dari grup WA yang dianggak tak terlalu penting. Meski begitu, pengguna kadang segan dengan anggota lain saat ingin keluar dari grup.

Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui


Berikut ini cara keluar dari grup WhatsApp secara 'diam'diam' atau tanpa diketahui anggota lain. Cara ini terdiri dari tiga langkah, yakni ganti nomor WhatsApp, clear data WhatsApp, dan terakhir masuk dengan nomor lama.

Ganti nomor WhatsApp adalah salah satu cara ampuh keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui. Berikut ini langkah-langkah yang diperlukan untuk mengganti nomor WhatsApp agar dapat keluar dari grup.

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Tap menu tiga titik yang berada di sudut kanan atas
  3. Pilih Settings
  4. Pilih bagian Account kemudian pilih Change Number
  5. Masukkan nomor WhatsApp lama dan nomor pengganti di form yang disediakan
  6. Pastikan kedua nomor WhatsApp yang digunakan masih dalam kondisi aktif untuk keperluan verifikasi
  7. Tap Done pada sudut kanan atas

Setelah sukses mengganti nomor WhatsApp, langkah kedua adalah melakukan clear data dan cache aplikasi WhatsApp agar dapat keluar grup tanpa diketahui anggota lain. Berikut ini cara clear data dan cache aplikasi WhatsApp.

  1. Buka menu Settings ponsel
  2. Pilih Apps atau pengaturan aplikasi
  3. Cari WhatsApp
  4. Lakukan clear chace
  5. Lakukan clear data

Langkah terakhir adalah masuk ke WhatsApp dengan nomor lama agar kembali seperti semula. Namun, harus menunggu kurang lebih 30-45 menit untuk dapat menggunakan nomor lama. Setelah waktu tunggu terlewati, lakukan login di WhatsApp.

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Tap Agree And Continue
  3. Masukkan nomor lama
  4. Lakukan verifikasi

Setelah proses verifikasi selesai, jika ada opsi restore, maka pilih 'Yes.' Dengan demikian pengguna sudah keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui anggota lain.

Jika tidak ingin melakukan tutorial di atas dan pengguna merasa tidak nyaman di grup tersebut, dapat menghubungi admin grup untuk mengeluarkan secara manual. Alternatif lain, dapat me-mute notifikasi grup yang tak penting dengan jangka waktu paling lama, yakni 1 tahun.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight