Cara Blokir Kontak di Whatsapp (WA) dan Risikonya

Oleh: iswarta bima - 12 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Blokir WA pada nomor tertentu sah-sah saja. Namun ada risiko yang perlu pengguna WhatsApp pahami bila melakukannya. Berikut ini penjelasannya.
tirto.id - Blokir WA pada nomor tertentu bisa memiliki segudang alasan. Misalnya, nomor tersebut mengganggu, sering spam pesan, atau karena nomor asing yang tak dikenal. Meski begitu, blokir WhatsApp ke nomor terpilih memiliki risiko yang mesti dipahami pengguna.

Pengguna WA dapat memblokir kontak yang dirasa mengganggu, baik nomor yang ada di kontak maupun nomor tidak dikenal, melalui fitur blokir kontak. Ada sejumlah alasan yang membuat pemblokiran itu dilakukan.

Pengguna WA terkadang tak nyaman atas gangguan kontak yang kepo, orang sok kenal, atau suka tanya-tanya. Contoh lainnya, ada kontak tak dikenal nyasar, kemudian kirim pesan, video call, voice call, bahkan memasukkan ke sebuah grup asing.

Melansir Digital Trends, jika memblokir kontak di WhatsApp, pesan, panggilan, dan pembaruan status yang dikirim kontak itu, tidak akan muncul di ponsel. Setali tiga uang, semua aktivitas WA pemblokir juga tak dapat 'diintip' kontak terblokir.

Cara Blokir WA


Berikut ini cara memblokir kontak di WhastApp.

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih ikon tiga titik pada sisi kanan atas
  3. Pilih Setelan
  4. Pilih Akun
  5. Pilih Privasi
  6. Pilih Kontak Terblokir
  7. Tap ikon + kontak di sisi kanan atas
  8. Pilih kontak yang ingin diblokir
  9. Selesai

Risiko Blokir WA


Kendati blokir kontak WA mudah dilakukan, ada resiko yang harus ditanggung oleh pemblokir, sebagaimana dilansir dari laman Guidingtech, yakni sebagai berikut ini.

  • Memblokir kontak tidak akan memengaruhi pesan lama atau berkas media karena kontak terblokir akan tetap ada di ponsel hingga dihapus manual
  • Kontak terblokir masih bisa melihat aktivitas pengetikan dan mengirim pesan, tetapi pesan tersebut tidak akan terkirim
  • Pemblokir tidak bisa menghubungi kontak treblokir sebelum membuka blokirnya
  • Saat kontak treblokir mengirimi pesan, akan melihat tanda satu centang abu-abu karena pesan itu tidak terkirim
  • Kontak treblokir masih dapat menghubungi nomor pemblokir, tapi WhatsApp tak menampilkan notifikasi
  • Kendati tak bisa saling berkomunikasi, kontak treblokir masih bisa melihat status online pemblokir saat mereka membuka WhatsApp pada waktu bersamaan
  • Kontak treblokir tidak akan dapat melihat gambar profil pemblokir, tapi pemblokir masih bisa melihat pembaruan gambar profil kontak treblokir
  • Memblokir kontak otomatis akan menutup semua akses komunikasi kontak treblokir ke kontak pemblokir. Namun hal ini tidak berlaku di grup. Artinya, pemblokir masih bisa melihat pesan satu sama lain dengan kontak treblokir jika berada di dalam grup yang sama

Cara Buka Blokir WA


Pengguna WhatsApp juga dimungkinkan untuk membuka blokir kontak terblokir bila berubah pikiran. Berikut ini cara membuka blokir di kontak WA terpilih.

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih ikon tiga titik pada sisi kanan atas
  3. Pilih Setelan
  4. Pilih Akun
  5. Pilih Privasi
  6. Pilih Kontak Terblokir
  7. Pilih kontak yang ikin dibuka blokirnya
  8. Pilih Buka Blokir
  9. Selesai

Memblokir kontak yang dianggap mengganggu memang legal dan WhatsApp menyediakan fitur untuk itu. Namun, sebelum melakukannya sebaiknya pertimbangkan dahulu risiko-risikonya.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya iswarta bima
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: iswarta bima
Penulis: iswarta bima
Editor: Ibnu Azis
DarkLight