Cara Kerja dan Jenis Wireless USB: Teknologi Praktis Saat Ini

Oleh: Endah murniaseh - 12 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Wireless USB biasa digunakan pada mouse serta keyboard komputer atau, tetapi tetap memerlukan baterai.
tirto.id - Pengguna teknologi saat ini semakin tidak asing dengan istilah Wireless USB. Wireless USB adalah teknologi yang memanfaatkan port USB komputer untuk jaringan nirkabel. Menggunakan Wireless USB diangkap lebih praktis karena tidak memerlukan kabel panjang agar perangkat dapat digunakan.

Wireless USB merupakan jenis komunikasi nirkabel yang memiliki jangkauan bandwith rendah hingga tinggi. Biasanya digunakan pada mouse serta keyboard komputer, yang mana penggunaannya memerlukan baterai.

Dilansir lifewire.com, USB nirkabel melalui Ultra Wide Band (UWB) Wireless USB bersertifikat adalah standar industri untuk jaringan nirkabel berdasarkan teknologi UWB. Perangkat komputer yang diaktifkan dengan USB nirkabel bersertifikat akan menghubungkan dan berkomunikasi secara nirkabel dengan port USB standar komputer.

Wireless USB beda dengan bluetooth, karena keduanya memiliki jaringan protokol yang berbeda.

Cara kerja Wireless USB sama dengan USB standar, namun tidak ada kabel tembaga yang digunakan sebagai konektor. Sinyal dan informasi biasanya dialirkan ke seluruh jaringan tembaga serta adaptor Wireless USB, yang biasanya terdapat pada tetikus (mouse), keyboard ataupun handphone. Yang mengubah sinyal menjadi gelombang radio.


USB yang terdapat pada keyboard biasanya dialirkan melalui gelombang radio ke penerima. Lalu mengganti sinyal dari siaran radio menjadi informasi yang digunakan di komputer. Informasi yang ada biasnaya dikirimkan ke drive perangkat lalu diterjemahkan dan diteruskan ke sistem operasi.

Perangkat USB wireless sendiri terdiri dari empat jenis, demikian dilansir lifewire.com antara lain.

1. Wireless Mouse

2. Wireless Keyboard

3. Wireless Headphone

4. Wireless Hub USB

Headphone berfungsi berbeda dengan mouse ataupun keyboard karena jenis data yang berbeda yang ditransmisikan. Mouse dan Keyboard menyiarkan apa yang pada dasarnya adalah data biner. Sementara Wireless Hub USB memungkinkan perangkat USB dibagikan ke seluruh jaringan yang ada. Yang mana cara kerjanya adalah dengan menerjemahkan sinyal dari perangkat USB yang terhubung ke sinyal yang dapat dibaca oleh perangkat lain.

Sedangkan menggunakan Wireless Hub USB adalah bahwa setiap perangkat yang terhubung ke hub harus terhubung langsung dengan kabel USB. Namun aspek Wireless HUB hanya dapat mengacu untuk terhubung melalui jaringan WiFi. Keempat jenis perangkat Wireless USB ini merupakan perangkat USB yang paling umum diketahui masyarakat awam.

Adanya Wireless USB bukannya tanpa masalah, masalah yang sering ditemui adalah kecepatan, yang mana USB 2.0 merupakan perangkat lama yang cenderung tidak cepat dibanding dengan USB 3.0 yang telah memenuhi standar baru dan sering digunakan pada perangkat nirkabel saat ini.


Baca juga artikel terkait WIRELESS CHARGING atau tulisan menarik lainnya Endah murniaseh
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Endah murniaseh
Penulis: Endah murniaseh
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight