Cara Cek Polusi Udara Tiap Kota di Indonesia dan Arti Statusnya

Kontributor: Imanudin Abdurohman, tirto.id - 18 Agu 2023 22:52 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara cek polusi udara di setiap kota dan membaca statusnya.
tirto.id - Cara cek kadar polusi udara di Indonesia dapat dilakukan secara online dengan mengakses laman resmi atau aplikasi IQ Air dan AQI.

Platform ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin mengetahui kualitas dan kadar polusi udara di suatu wilayah.

Seperti diketahui, dalam beberapa waktu terakhir ini isu polusi udara di Indonesia masih hangat diperbincangkan publik usai beberapa wilayah di Tanah Air berstatus memiliki udara yang buruk dan tidak sehat.

Mengutip data di laman resmi iqair.com per Jumat, 18 Agustus 2023, pukul 16.40 WIB, terdapat sekitar empat daerah yang berstatus merah atau memiliki “Udara Tidak Sehat”. Empat daerah ini mencakup Tangerang Selatan, Cikarang, Kota Bekasi, dan Cileungsi.

Tangerang Selatan menempati posisi pertama yang memiliki kualitas udara tidak sehat berkisar 158 Air Quality Index (AQI) US, kemudian disusul Cikarang 154 AQI US, Kota Bekasi 152 AQI US, dan Cileungsi 152 AQI US.

Di tahun 2022 kemarin, Pasarkemis sempat tercatat sebagai kota paling berpolusi di Indonesia serta Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki kualitas udara terburuk ke-26 dunia.

Indeks kualitas udara (AQI) sendiri merupakan alat sederhana berupa angka yang dapat menunjukan kualitas maupun kadar polusi udara di suatu daerah. Hasil ini dapat diperoleh setelah pihak terkait melakukan pemantauan terhadap kualitas udara secara berkala di tiap tahunnya.

Untuk mengetahui kualitas udara maupun kadar polusi udara di suatu daerah, platform IQ Air dan AQI dapat membantu masyarakat untuk mengetahuinya. Berikut cara cek kadar polusi udara di Indonesia secara online dan cara membaca data kadar polusi udara.

Cara Cek Kadar Polusi Udara di Indonesia Secara Online

- Akses laman resmi IQ Air melalui tautan https://www.aqi.in atau https://www.iqair.com/.

- Selain itu, masyarakat juga dapat mengunduh aplikasi Indeks Kualitas Udara dengan mengakses tautan ini https://apps.apple.com/id/app/iqair-airvisual-air-quality/.

- Untuk mendapatkan informasi yang rinci, pengguna harus mengizinkan platform tersebut untuk mengakses fitur lokasi (GPS).

- Untuk mengetahui informasi indeks kualitas udara di suatu daerah, maka pengguna harus memasukan kata wilayah/daerah tujuan di mesin pencari yang tersedia.

- Secara otomatis, informasi terkait kualitas udara dan kadar polusi udara di suatu daerah akan muncul.

Cara Membaca Data Kadar Polusi Udara

Dalam situs IQair terdapat data yang menunjukan status Tingkat Polusi Udara, Skor Indeks Kualitas Udara, dan informasi mengenai konsentrasi partikulat Polutan Utama.

Indeks kualitas udara sendiri dihitung mulai dari skor 0 hingga 500. Kualitas udara yang tercatat berada di atas 500 AQI US diartikan memiliki tingkat polusi udara yang berbahaya.

Akan tetapi, dalam indeks kualitas udara, suatu daerah dinyatakan berbahaya jika terindeks memiliki AQI US mencapai 300 dan memiliki kualitas udara tidak sehat jika memiliki AQI US mencapai 150 lebih.

Rincian Indeks Kualitas Udara

- Skor 0-50: Baik (Hijau)

- Skor 51-100: Sedang (Kuning)

- Skor 101-150: Tidak Sehat untuk Kelompok Sensitif (Oranye)

- Skor 151-200: Tidak Sehat (Merah)

- Skor 201-300: Sangat Tidak Sehat (Ungu Muda)

- Skor 301-500 atau lebih tinggi: Berbahaya (Ungu Tua)


Baca juga artikel terkait POLUSI UDARA atau tulisan menarik lainnya Imanudin Abdurohman
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Imanudin Abdurohman
Penulis: Imanudin Abdurohman
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight