Ramadhan 2021

Cara Agar Tetap Semangat Kerja Selama Bulan Ramadhan

Oleh: Dhita Koesno - 3 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara agar termitivasi dan tetap semangat kerja selama puasa di bulan Ramadhan.
tirto.id - Bekerja selama bulan Ramadan memang memiliki banyak manfaat, tetapi tetap saja ada tantangan yang harus dihadapi.

Akibatnya, justru orang cenderung sering mengeluh atau merasa tidak berenergi ketika bekerja dalam keadaan puasa di bulan Ramadan.

Meski demikian ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan agar tetap semangat dan termotivasi saat bekerja selama puasa di bulan Ramadan, berikut uraiannya seperti dikutip dari laman British Council Foundation:

1. Niat

Meskipun Anda mungkin menghadapi lebih banyak tantangan selama Ramadan, serta harus menahan diri dari rasa lapar dan emosi juga pikiran negatif, pastikan melakukannya dengan motivasi, sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan semangat dan penuh energi.

2. Makan sahur secukupnya

Ingat, saat mengisi energi pada waktu sahur dan berbuka puasa, Anda tidak perlu makan berlebihan. Sebaliknya, makanlah dalam porsi sedang untuk sahur karena makan berlebihan bisa membuat Anda mengantuk dan tidak berenergi.

Pilih menu seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat dalam asupannya. Makanan yang mengandung serat akan membantu kenyang lebih lama. Selain itu, makan juga lebih banyak sayuran dan buah-buahan.

3. Sesuaikan waktu tidur

Ada dua jadwal tidur yang harus diperbaiki selama bulan Ramadan, yakni pertama jadwal tidur malam. Jika Anda memiliki kebiasaan tidur larut malam, sebaiknya ubah polanya. Cobalah untuk tidur lebih awal karena Anda juga harus bangun lebih awal untuk sahur daripada di bulan-bulan selain Ramadan.

Jadwal kedua setelah sahur dan salat subuh. Usahakan jangan tidur lagi setelahnya, karena bisa membuat tubuh jadi lebih lesu. Lebih baik melanjutkan olahraga atau aktivitas memberi yang energi lainnya. Jika harus berada di kantor pada pagi hari (07.00 - 09.00), Anda pun dapat segera berangkat kerja.

4. Sertakan aktivitas lain selama bekerja agar tetap bersemangat dan berenergi

Manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk melakukan beberapa aktivitas yang membuat Anda segar dan rileks seperti berolahraga, jalan-jalan di kantor, atau sesekali mengobrol dengan rekan kerja.

Jika kantor dilengkapi dengan meja biliar, TV, dan video game, manfaatkan semuanya. Anda juga dapat menggunakan istirahat makan siang pada hari biasanya untuk tidur siang singkat selama 20-30 menit. Aktivitas ini akan membantu Anda merasa segar dan siap bekerja kembali.

5. Hindari Kafein

Di hari-hari biasa, kafein bisa membantu kita merasa waspada terutama saat kita merasa mengantuk. Namun, saat bulan puasa, tidak disarankan mengonsumsi kafein saat sahur atau berbuka puasa karena dapat melukai perut dan membuat mual.

6. Jaga kesehatan

Tubuh Anda adalah milik Anda, kenali itu. Hindari makanan tidak sehat, aktivitas non-produktif dan sejenisnya. Jika tubuh sehat, maka Anda pun dapat mengatasi semua tantangan dan bekerja dengan optimal.

7. Amati Ritual Ibadah

Bagian penting dari Ramadan adalah lebih banyak melakukan amal ibadah. Jika ibadah yang konsisten adalah perjuangan sebelum datanganya bulan berkah, Ramadhan adalah momen untuk Anda meningkatkannya. Dan yang terpenting, beribadahlah dengan niat tulus dan ikhlas.


Baca juga artikel terkait TIPS SEMANGAT KERJA atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight