Bos AirAsia: Harga Tiket Pesawat Saat Ini Sangat Murah

Reporter: Selfie Miftahul Jannah, tirto.id - 3 Sep 2022 10:15 WIB
Harga tiket pesawat saat ini tidak akan semurah pada 2019. Pasalnya, maskapai membutuhkan uang untuk pemulihan bisnis pasca-pandemi.
tirto.id - Chief Executive Officer (CEO) Capital A, Tony Fernandes menyebut harga tiket pesawat saat ini terbilang murah jika dibandingkan dengan harga beberapa jenis transportasi lainnya.

"Harga tiket pesawat saat ini sangat murah, jika dikomparasi harganya dibandingkan tarif taksi, atau jajanan di McDonald's harganya sama murah," kata Tony usai meluncurkan penerbangan rute Jakarta-Silangit di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (9/2/2022).

Tony meminta maskapai penerbangan perlu menaikan harga tiket pesawat. Ia menilai masyarakat terlalu dimanjakan dengan harga tiket pesawat yang murah. Padahal biaya operasional penerbangan sangat tergantung pada fluktuasi harga minyak dunia.

"Masyarakat menggunakan pesawat karena sebelumnya harga tiket pesawat murah, tapi jika harga minyak turun maka harga juga akan ikut turun pun sebaliknya," jelas dia.

Namun dibalik harga tiket yang saat ini ditetapkan, harga tiket tidak akan turun ke level yang di tetapkan maskapai di 2019. Pasalnya ia mengatakan, maskapai membutuhkan uang untuk proses pemulihan bisnis dan membangun kembali aktivitas bisnis penerbangan setelah dua tahun megalami keterpurukan.

"Kalau pun turun, harganya tidak akan kembali seperti di tahun 2019, karena saya pikir maskapai perlu uang. Di sisi lain saat ini harga tiket sebenarnya sudah sangat murah jika dibandingkan dengan tarif transportasi lain," pungkas Tony.



Baca juga artikel terkait AIRASIA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight