Harga Avtur Melonjak, AirAsia Upayakan Tekan Tarif Tiket Pesawat

Reporter: Selfie Miftahul Jannah, tirto.id - 3 Sep 2022 09:55 WIB
Tony Fernandes optimis rute Jakarta-Silangit akan ramai dikunjungi karena jaraknya dekat dengan wisata Danau Toba.
tirto.id - Chief Executive Officer (CEO) Capital A, Tony Fernandes mengatakan akan tetap menekan harga tiket pesawat agar tetap bisa terjangkau oleh masyarakat meski harga avtur naik dua kali lipat.

Menurut Tony, pihaknya harus tetap membuat harga tiket lebih kompetitif meski harga sparepart dan dolar melambung tinggi dari masa sebelum pandemi.

"Rute ini kita upayakan untuk mebuat orang terkoneksi meski saat ini harga bahan bakar mahal, nilai tukar dolar tinggi tapi kita akan kontrol harga tiket agar lebih affordable," kata Tony saat Launching Penerbangan Perdana ke Silangit, Sumatera Utara, Jumat (2/9/2022).


Meski kondisi tersebut membebani biaya operasional, saat ini aktivitas penerbangan harus tetap berjalan. Ia menjelaskan, Indoensia menjadi salah satu negara yang memiliki pertumbuhan jumlah pelancong tertinggi usai Thailand dan India. Oleh karenanya, beberapa rencana untuk menambah rute baru di Indonesia akan sangat terbuka.

"Thailand, India, Indonesia. India memiliki pertumbuhan yang luar biasa tinggi. Untuk penerbangan di Cina kita akan buka di akhir tahun ini atau pertengahan tahun depan," jelas Tony.

Potensi bisnis tersebut sudah diambil melalui pembukaan rute baru yaitu Jakarta- Silangit pada Jumat 2 September 2022. AirAsia disebut melakukan berbagai upaya mendukung pariwisata di Indonesia melalui kolaborasi bersama pemerintah pusat, daerah dan stakeholder pariwisata.

Untuk tahap awal, AirAsia akan melayani penerbangan Jakarta-Silangit 3 kali dalam seminggu setiap hari Rabu, Jumat, Minggu menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan jatah bagasi gratis 20 kg dan jatah bagasi kabin 7 kg.

Meski pun tidak mengungkap berapa target penumpang dari rute baru ini, ia merasa optimis Jakarta-Silangit akan ramai dikunjungi karena jaraknya yang dekat dengan wisata Danau Toba.



Baca juga artikel terkait MASKAPAI AIR ASIA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight