Bocoran iOS 14: Perangkat, Fitur, hingga Tanggal Rilis

Oleh: Adrian Samudro - 16 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kemungkinan Apple akan mengungkap sistem operasi iOS 14 pada perhelatan WWDC 2020 bulan Juni mendatang.
tirto.id - Apple dikabarkan tengah menyiapkan sistem operasi mobile terbaru buatannya, yakni iOS 14.

Jika mengikuti tradisi, kemungkinan Apple akan mengungkap sistem operasi tersebut pada perhelatan WWDC 2020 bulan Juni mendatang.

Dilansir dari Tech Radar, Apple disebut akan berfokus pada peningkatan kinerja dan kualitas pada iOS 14. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki bug yang banyak ditemukan di iOS 13 saat ini.

Sejumlah fitur yang ditingkatkan pun telah beredar di jagat maya, di antaranya pembaruan tampilan depan atau home screen, fitur aksesibilitas baru, aplikasi augmented reality dan sebagainya.

Home Screen

Pada bagian home screen, iOS 14 akan menyertakan opsi tampilan daftar layar awal baru berdasarkan Siri suggestion. Kemudian tampilan baru juga akan mencakup beberapa opsi penyortiran yang berbeda dan detail lainnya.

Sebagai contoh, pengguna nantinya dapat memilah aplikasi untuk mempermudah mengecek atau melihat notifikasi dari aplikasi mana saja yang belum sempat dibaca.

Selain itu juga home screen baru ini akan menyertakan saran cerdas yang diberdayakan oleh Siri untuk memberitahu aplikasi mana yang mungkin dapat digunakan pengguna berdasarkan waktu dan lokasi mereka.

Menariknya lagi, tampilan baru iOS 14 juga akan menyematkan fitur widgets yang bisa diatur sendiri. Fitur ini disebut berbeda dengan bagian Today dari pusat notifikasi iOS.

IOS 14 disebut pula bakal memiliki tampilan multitasking yang mirip dengan iPadOS. Tampilan yang dihasilkan tak lagi sejajar melainkan dibagi dalam dua baris, yang kemungkinan disebut dengan App Switcher.

Pembaruan Sejumlah Fitur

Dilansir dari 9to5Mac, iOS 14 digadang-gadang juga bakal menawarkan beberapa fitur aksesibilitas baru. Misalnya aplikasi untuk mendeteksi suara-suara seperti alarm kebakaran, sirene, ketukan pintu, dan bayi menangis.

Ada pula dukungan untuk aplikasi fitness yang sedang digarap oleh Apple. Aplikasi ini berfungsi untuk memandu pengguna melakukan berbagai latihan melalui video yang telah diunduh.

Aplikasi ini memungkinkan setiap perangkat Apple dapat membantu penggunanya, Apple Watch berfungsi untuk mencatat kemajuan dari latihan, sementara iPhone digunakan untuk menampilkan video.

Selain itu, iOS 14 juga menghadirkan beberapa fitur baru di aplikasi iMessages, di antaranya menandai seseorang dalam pesan, menarik kembali pesan yang telah dikirim, dan indikator pengetikan dalam obrolan grup.

Augmented Reality dan 5G

Apple berencana untuk merilis kacamata AR pada 2020 bersamaan dengan iPhone 5G. Dengan beberapa rumor yang beredar tersebut, kemungkinan iOS 14 akan memiliki dukungan 5G.

Dengan iOS 14 ini juga, Apple dikabarkan tenah menyiapkan aplikasi augmented reality baru yang diberi kode Gobi. Aplikasi ini disebut memungkinkan pengguna untuk mendapat informasi lebih banyak tentang apapun disekitarnya, demikian ditulis Mac Rumors.

IOS 14 kemungkinan akan dirilis secara resmi pada September mendatang bersamaan dengan iPhone 12 yang juga menjadi perangkat pertama dengan sistem operasi tersebut.

Meski begitu, Apple biasanya bakal merilis sistem operasi versi beta setelah memperkenalkannya pertama kali di ajang WWDC. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejumlah bug atau masalah yang muncul.

Setiap pembaruan iOS, bisa dipastikan bahwa sejumlah iPhone lawas tidak akan bisa menikmatinya.

Berikut daftar perangkat yang diprediksi bakal mendapatkan pembaruan iOS 14 mendatang.
    • iPhone XS
    • iPhone XS Max
    • iPhone XR
    • iPhone X
    • iPhone 8
    • iPhone 8 Plus
    • iPhone 7
    • iPhone 7 Plus
    • iPhone 6s
    • iPhone 6s Plus
    • iPhone SE
    • iPod Touch (7th generation)

Baca juga artikel terkait APPLE atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight