Banyak Pemudik Hipertensi Saat Diperiksa di Bandara Syamsudin Noor

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 8 Juni 2019
Para pemudik di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin terdiagnosis paling banyak mengalami hipertensi saat pemeriksaan kesehatan.
tirto.id - Para pemudik banyak yang terdiagnosis mengalami hipertensi saat melakukan pemeriksaan kesehatan di Posko Terpadu Angkutan Lebaran Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin.

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin Nor Isnaniah mengatakan, sejak H-7 Lebaran hingga memasuki arus balik saat ini, sudah ada 67 orang yang melakukan cek kesehatan.

"Kami melakukan cek tensi, hasilnya sebagian besar tekanan darah atau denyut jantung lebih tinggi daripada normal," ujarnya di Banjarbaru, Banjarmasin, Sabtu (8/6/2019).

Perawat di Kantor Kesehatan Pelabuhan ini menjelaskan, normalnya tekanan darah orang dewasa yang sehat yaitu antara 90/60 mmHg hingga 120/60 mmHg.

Sedangkan saat pemeriksaan, para pemudik di Bandara Syamsudin Noor kebanyakan di atas 140, sehingga didiagnosa mengalami gangguan fungsi jantung tertentu.

"Penyebab hipertensi bisa bermacam-macam seperti merokok, obesitas, kurang aktifitas fisik, konsumsi alkohol berlebihan hingga stres," papar wanita yang biasa disapa Nana ini seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan, apa yang didapati dari hasil pemeriksaan para pemudik ini pun berbanding lurus dengan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, di mana prevalensi hipertensi berdasarkan hasil pengukuran pada penduduk usia 18 tahun sebesar 34,1 persen, tertinggi di Kalimantan Selatan (44,1 persen).

Ironisnya, ujar Nana, sebagian besar penderita hipertensi tidak menyadari bahwa dirinya hipertensi sehingga tidak mendapatkan pengobatan lantaran merasa sehat-sehat saja.

Padahal hipertensi merupakan salah satu pintu masuk risiko terserang penyakit mematikan seperti serangan jantung, gagal ginjal, diabetes dan stroke.

Pelayanan kesehatan gratis yang digelar Kantor Kesehatan Pelabuhan menempatkan lima petugasnya yang dibantu enam perawat dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.

Dengan moto "Mudik sehat, aman dan selamat", diharapkan masyarakat selalu menjaga kesehatannya di momen mudik Lebaran Idulfitri tahun ini dengan rutin memeriksakan kesehatannya meski hanya untuk sekadar cek tensi.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)


Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Maya Saputri