Bantuan 50.000 Alat Tes Covid-19 dari Korsel Dikirim ke RI Hari Ini

Oleh: Addi M Idhom - 5 April 2020
Sebanyak 50 ribu alat tes PCR untuk pemeriksaan Covid-19 dikirim dari Korea Selatan ke Indonesia pada hari ini.
tirto.id - KBRI Seoul menginformasikan, 50 ribu alat tes PCR (Polymerase chain reaction) untuk diagnosa virus corona (Covid-19) dikirim dari Korea Selatan ke Indonesia pada hari ini.

Duta Besar RI untuk Korsel Umar Hadi mengatakan kiriman alat tes Covid-19 dari Korea Selatan itu dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 15.40 WIB, Minggu (5/4/2020).

Menurut Umar, pengiriman 50 ribu alat tes PCR tersebut memakai pesawat Garuda Indonesia GA879.

"[...] Bantuan dari LG Group, yaitu LG Electronics, LG Chem, LG Innotek, dan LG Internasional," kata Umar melalui pesan singkat, pada Minggu (5/4/2020), seperti dilansir Antara.

LG Group merupakan perusahaan multinasional bidang elektronik dan teknologi asal Korea Selatan yang memiliki cabang dan anak perusahaan di lebih dari 80 negara, termasuk Indonesia.

Umar mengatakan bantuan alat tes PCR tersebut diberikan oleh LG Group untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia menangani wabah Covid-19.

"LG Group telah berkoordinasi dan berkonsultasi erat dengan KBRI Seoul dalam mempersiapkan bentuk dan cara pengiriman bantuan ke Indonesia​​​​​​​," ujar Umar.

PCR atau yang lebih dikenal dengan tes swab, merupakan salah satu metode pemeriksaan COVID-19 yang dilakukan dengan mengambil sampel cairan dari saluran pernapasan. Peneliti di laboratorium kemudian akan mencari genom virus dalam sampel tersebut.

Alat tes PCR selama ini dibutuhkan untuk upaya pelacakan kasus-kasus positif Covid-19 karena hasil diagnosasnya lebih valid dari rapid test. Pelacakan kasus-kasus baru perlu ditingkatkan agar rantai penularan virus corona bisa dilakukan melalui isolasi pasien dan penelusuran kontak.

Hingga 4 April 2020, total jumlah pasien Covid-19 di Indonesia telah mencapai 2.092 pasien. Dari jumlah itu, 191 pasien meninggal dunia dan 150 lainnya dinyatakan sembuh.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Addi M Idhom

DarkLight