Arab Saudi Kembali Buka Penerbangan Umrah Pada 14 Maret 2020

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 28 Februari 2020
Pemerintah Arab Saudi bakal kembali membuka penerbangan bagi para jamaah umrah mulai tanggal 14 Maret 2019.
tirto.id -
Pemerintah Arab Saudi bakal kembali membuka penerbangan bagi para jamaah umrah dari berbagai negara mulai tanggal 14 Maret 2019.

Kabar tersebut tertuang dalam telegram yang dikirimkan Kementerian Luar Negeri Kingdom Saudi Arabia kepada biro travel di seluruh dunia.

Surat bertitimangsa 27 Februari 2020 itu menyebutkan, penolakan penerbangan ke Arab Saudi berlaku mulai tanggal 26 Februari 2020 hingga 13 Maret 2020.

"Periode penolakan berlaku efektif sejak tanggal awal hingga akhir tanggal periode penolakan," bunyi surat tersebut.

Artinya, kata Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Haji Umrah Indonesia (Sapuhi) Syam Resfiadi, para jamaah umrah dapat diberangkatkan dari Indonesia mulai 14 Maret 2020 mendatang.

"Iya perkiraan kita [14 Maret 2020] Karena peraturan yang buat adalah pemerintah Arab Saudi," kata dia kepada Tirto, Jumat (28/2/2020)
Adapun berdasarkan berkas tersebut jenis penerbangan yang ditolak meliputi, seluruh penumpang dengan visa umrah.

Lalu, penumpang yang memegang tiket atau berada di negara terjangkit korona dalam 14 hari terakhir yang meliputi: China, Taiwan, Hong Kong, Iran, Italy, Korea, Macao, Jepang, Thailand , Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan , Iraq Philippines, Singapore, India, Lebanon, Syria, Yemen, Azerbaizan , Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia dan Vietnam.
Terakhir, penolakan juga berlaku bagi warga negara Arab Saudi atau negara-negara di Teluk Arab, kecuali mereka pulang ke negaranya masing-masing.


Baca juga artikel terkait ARAB SAUDI atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Hendra Friana
DarkLight