APKORI Sebut Target Emas Indonesia di SEA Games 2019 Terlalu Ringan

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Untuk membidik empat besar di SEA Games 2019, raihan medali emas yang dipatok Indonesia lebih kecil porsi seharusnya.
tirto.id - Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia (APKORI) menilai kelewat ringan target 45 emas yang dipatok Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2019.

Ketua APKORI, Djoko Pekik Irianto meragukan angka ini bisa menempatkan Indonesia di empat besar klasemen akhir sebagai capaian ideal untuk Indonesia.

"Fakta empirik itu menunjukkan, bahwa untuk masuk empat besar biasanya diperlulan sekitar 12-14 persen dari total medali yang diperebutkan. SEA Games 2019 memperebutkan 530 medali emas, artinya untuk meraih empat besar setidaknya kita ini membutuhkan 63 medali emas [12 persen dari 530]," jelas Djoko dalam pernyataannya, Kamis (14/11/2019) sore.

Djoko lantas mencontohkan kasus yang terjadi di SEA Games Malaysia lalu. Saat itu ada 540 medali emas dan kontingen peringkat empat klasemen akhir, Singapura, bahkan butuh 14,2 persen dari proporsi emas yang ada (57 emas) untuk mengamankan posisinya.


SEA Games ke-30 ini bakal digelar di Filipina mulai Sabtu, 30 November 2019 hingga Rabu, 11 Desember 2019.

Djoko lantas mengkhawatirkan target yang terlampau ringan ini nantinya memengaruhi daya dorong atlet untuk berprestasi di ajang internasional lain, terutama Asian Games dan Olimpiade.

"Jika target kontingen Indonesia hanya 45 medali emas maka hanya setara 8,4 persen, berat untuk bisa di peringkat empat. Dan target 45 emas itu terlalu ringan, sehingga bisa jadi tidak memberikan daya dorong yang kuat untuk nantinya sukses saat Asian Games maupun Olympic," tukas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY tersebut.

Sebenarnya, mulanya Kemenpora mencanangkan target Indonesia adalah 51 emas. Namun, rencana tersebut direvisi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali lewat keterangan dalam konferensi pers di Kantor Kemenpora, Kamis (14/11/2019) hari ini.

Zainudin sendiri menilai target ini tidak ringan. Sebab di SEA Games sebelumnya Indonesia bahkan cuma mendapat 35 medali emas.

"Yang jelas kami punya keinginan adalah memperbaiki peringkat dan tentunya ada penambahan jumlah perolehan medali," tuturnya.

Indonesia sendiri, pada SEA Games kali ini akan lebih mengandalkan atlet muda, yakni dengan proporsi 60 persen. Menpora berharap proporsi ini punya dampak positif untuk jangka panjang.

Adapun gelaran SEA Games 2019 bakal dihelat di Manila, Filipina. Pesta olahraga terbesar Asia Tenggara ini bergulir 30 November sampai 11 Desember 2019.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Zakki Amali
DarkLight