Apa Saja Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh?

Kontributor: Erika Erilia, tirto.id - 9 Agu 2022 10:24 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Manfaat mandi air hangat bagi kesehatan mulai dari bisa meningkatkan kualitas tidur hingga melepas stres.
tirto.id - Mandi air hangat setelah beraktivitas seharian bisa jadi pilihan tepat. Selain bertujuan untuk membersihkan badan, mandi dengan air hangat juga bisa membuat tubuh lebih rileks.

Tak hanya itu, mandi air hangat ternyata juga punya segudang manfaat untuk kesehatan. Melansir laman The Guardian, sebuah studi membuktikan bahwa mandi dengan air hangat bisa memberikan manfaat kesehatan yang hampir sama dengan olahraga.

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, mandi air hangat juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Hal pertama yang penting diketahui adalah soal suhu air.

Jika memungkinkan, sangat direkomendasikan untuk mandi dengan cara berendam di bathtub dengan air bersuhu maksimal 40° C. Waktu berendam pun jangan terlalu lama, terutama bila Anda tidak terbiasa.

Berendamlah selama sekitar 10-15 menit. Waktu berendam bisa diperpanjang bila suhu air lebih rendah dan Anda sudah terbiasa melakukannya.

Kemudian, yang terakhir, jangan langsung mandi atau mengguyur tubuh dengan air dingin selepas berendam air hangat. Hal ini cukup berbahaya karena dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Manfaat mandi air hangat bagi kesehatan



Berikut beberapa manfaat mandi dengan air hangat yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh:
  • Melepas stres
Air hangat punya efek menenangkan sehingga bisa membuat pikiran lebih tenang. Tak hanya itu, mandi air hangat juga akan memperbaiki mood atau suasana hati seseorang.

Mandi air hangat dapat menimbulkan sensasi rasa nyaman sehingga menghilangkan perasaan negatif seperti depresi. Agar lebih maksimal, mandilah air hangat ditemani musik yang lembut, cahaya redup, dan aromaterapi untuk menghilangkan rasa stres.
  • Merelaksasi otot
Air hangat tak hanya melancarkan peredaran darah, tapi juga sangat efektif untuk merelaksasi otot yang tegang. Karena itu, mandi air hangat pun dapat menghilangkan rasa sakit atau nyeri otot.

Mandi air hangat sebelum melakukan olahraga juga dianjurkan untuk meminimalisir cedera karena punya fungsi sama seperti pemanasan.
  • Meningkatkan kualitas tidur
Sebuah studi menunjukkan bahwa mandi air hangat bisa dijadikan terapi untuk menghilangkan insomnia pada orang lanjut usia. Hal ini membuktikan bahwa mandi air hangat memang bisa membuat tidur seseorang lebih baik.

Suhu tubuh akan menurun ketika sedang terlelap. Hal ini akan memicu produksi melatonin yang juga sering disebut sebagai hormon tidur.

Berendam dalam air hangat bisa meningkatkan suhu tubuh. Tapi saat keluar, temperatur badan bisa langsung turun sehingga memicu produksi melatonin yang akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.
  • Meredakan nyeri otot
Berendam air hangat bisa merelaksasi otot sehingga dapat meredakan rasa nyeri. Bila Anda menderita artritis, air hangat dan pijatan bisa meredakan peradangan maupun otot kaku yang menyebabkan rasa nyeri.
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Air hangat efektif untuk melancarkan peredarah darah. Berendam dalam air hangat sekitar 10 menit juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga terhindar dari penyakit berbahaya seperti stroke atau serangan jantung.

Selain itu, sebuah penelitian di tahun 2016 juga mengungkapkan bahwa berendam air hangat punya efek positif terhadap fungsi pembuluh darah. Jadi, mandi air hangat bisa dijadikan terapi untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular yang mematikan.
  • Meningkatkan sensitivitas insulin
Mengutip dari situs Healthline, mandi air hangat atau sauna yang dilakukan secara rutin bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita diabetes atau mengalami obesitas.
  • Membakar kalori
Mandi air hangat dapat membantu metabolisme tubuh. Dalam sebuah studi, berendam dalam air hangat selama satu jam rupanya dapat membakar kalori dengan jumlah yang sama seperti saat berjalan 30 menit.
  • Meredakan demam dan gejala flu
Uap yang muncul saat mandi air hangat sangat bagus untuk melancarkan hidung yang tersumbat maupun meredakan batuk. Selain itu, mandi air hangat juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus.
  • Menenangkan kulit yang iritasi
Mandi air hangat akan membuat kulit lebih terhidrasi sekaligus menyembuhkan kulit kering atau iritasi. Hasilnya akan lebih maksimal bila berendam dalam air hangat yang ditambahkan minyak esensial seperti minyak zaitun, minyak kelapa, lavender, atau oatmeal.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight