Apa Itu Kinderflix dan Siapa Kak Nisa yang Viral di X?

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 7 Nov 2023 12:08 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Artikel ini akan menjelaskan kenapa Kinderflix viral dan siapa Kak Nisa yang ikut viral karena komentar yang melecehkannya?
tirto.id - Kak Nisa dan Kinderflix viral di media sosial X (Twitter). Kinderflix adalah salah satu pembuat konten tentang edukasi anak-anak terutama bayi di bawah lima tahun.

Kinderflix viral karena host atau pembawa acara tersebut mengalami pelecehan seksual melalui kolom komentar di YouTube, TikTok, dan Instagram.

Komentar-komentar bernada seksualitas tersebut ditujukan kepada salah satu host bernama Kak Nisa. Nisa sampai merasa tidak nyaman dan Kinderflix juga telah memberi klarifikasi.

Begini bunyi klarifikasi dari Kinderflix:

"Hai Halo KinderParents dan KinderFriends, Kak Nisa & Friends sangat berterimakasih untuk semua yang sudah selalu positif dan support Kak Nisa & Friends. Kita sangat senang sekali dengan antusias KinderParents yang ikut berinteraksi saat menonton video kita, tapi kita sangat sedih dengan adanya komentar yang bertujuan negatif ( seperti Seksualisasi ) untuk Kak Nisa & Friends, selagi itu positif kita pasti senang sekali, semoga video KinderFlix bermanfaat selalu untuk bermain dan belajar bersama KinderFriends ya! with love Kak Nisa & Friends."


Profil Kak Nisa Host Kinderflix

Kak Nisa bernama lengkap Anisa Rostiana. Menurut halaman LinkedIn miliknya, Kak Nisa berhasil meraih gelar S1 Psikologi pada tahun 2023.

Sebelum terkenal sebagai host Kinderflix, Nisa menempuh masa pendidikannya di tanah kelahirannya, Bandung.


Setelah itu, Kak Nisa bergabung dengan Kinderflix dan muncul di berbagai media sosial, termasuk YouTube, TikTok dan Instagram.

Channel Kinderflix ini memberikan tayangan edukasi untuk balita dan anak-anak melalui konten-konten yang menghibur.

Selain Kak Nisa, Kinderflix juga memiliki beberapa host lain yang memiliki pembawaan yang ceria dan seru. Kak Nisa menjadi salah satu host Kinderflix yang favorit.

Dari sinilah komentar yang mengarah pada pelecehan seksual itu muncul. Konten Kak Nisa yang ditujukan untuk edukasi anak itu juga ditonton oleh orang dewasa.

Karena kasus ini, Kak Nisa mendapat banyak dukungan dari pengguna X dan Instagram yang melayangkan protes keras terhadap pemberi komentar tersebut di konten-konten Kak Nisa.

"Terkait fenomena mbak-mbak Kinderflix jujur merinding banget ngeliat respons cowok-cowok dengan segala ungkapannya. Serem," tulis salah seorang warganet di medsos X.

"Padahal ini konten buat balita lho di-sexualized, liat beberapa komennya mau muntah," demikian tulis warganet yang lain.

Pada saat kasus ini ramai, Nisa sempat mengunggah Instagram Story berupa tiga emoji yang menandakan perasaan tidak senang, takut, dan kecewa.

Nisa juga menghapus beberapa postingan di Instagram dan menyisakan dua postingan saja. Selain itu ia menutup kolom komentar di unggahan feed serta Instagram Story.


Baca juga artikel terkait KINDERFLIX atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight