Apa itu FUP atau Fair Usage Policy Paket Internet Unlimited?

Penulis: - 27 Mei 2022 17:55 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Apa itu FUP? FUP adalah batas pemakaian wajar paket internet unlimited. Apa tujuannya? Temukan jawabannya di sini.
tirto.id - FUP adalah batas pemakaian wajar paket internet unlimited. Apa itu FUP dan kenapa diberlakukan Fair Usage Policy di paket unlimited? Yuk, kita cari tahu penyebabnya.

Apa sesungguhnya aktivitas di internet yang menyita atau mendominasi berkurangnya kuota data? Apakah itu browsing, streaming, gaming, upload, atau download?

Apa pun aktivitas tersebut pasti tidak akan menjadi masalah jika kita berlangganan paket internet unlimited. Dari namanya saja sudah jelas: unlimited atau tanpa batas.

Artinya, apa pun yang kita lakukan di internet tidak akan dibatasi terkait kuota data. Akan tetapi, jika kita terlalu ‘brutal’ aktivitasnya, atau terlalu banyak ‘menyedot’ data, kadang kecepatan internet menurun.

Mengapa bisa begitu dan apakah penyebabnya? Hal ini berkaitan dengan FUP atau Fair Usage Policy. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.


Apa itu FUP?


FUP merupakan sebuah istilah yang sering ditemukan pada kolom syarat dan ketentuan ketika hendak berlangganan paket internet, khususnya unlimited, yang ditawarkan oleh provider atau penyedia layanan internet.

Tapi tahukah Anda apa itu FUP? Pada dasarnya FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy, yang diartikan sebagai kebijakan atas batas pemakaian wajar paket internet unlimited yang diberlakukan oleh tiap-tiap provider.

Dengan kata lain, tiap paket internet unlimited yang ditawarkan memiliki batas wajar pemakaian setiap bulannya. Ketika pemakaian sudah mencapai batas wajar, maka kecepatan transfer data saat awal pemakaian akan berkurang.


Apa Tujuan FUP?


Adapun pemakaian yang berlebihan bisa disebabkan oleh penggunaan perangkat lunak Peer-to-Peer (P2P) atau hotspot. Selain itu, mengunggah, mengunduh, serta mengakses file besar.

Untuk itu, FUP bertujuan agar semua pengguna internet dapat merasakan pengalaman berselancar yang sama. Pasalnya, sejumlah orang yang memakai bandwidth berlebihan akan memperlambat koneksi untuk sebagian pengguna lainnya.

Sebagai contoh adalah paket 2GB unlimited, di mana 2GB ini merupakan kuota utama yang juga berperan sebagai batas wajar pemakaian internet. Biasanya, paket internet unlimited dengan kuota utama menawarkan kecepatan yang lebih baik saat awal berlangganan.

Namun, seiring penggunaan yang berlebih, kecepatan transfer data itu akan menurun dan menjadi sangat lambat daripada biasanya. Hal tersebut juga akan dialami oleh sejumlah orang lain dengan paket berlangganan dan pemakaian serupa.

Hal ini dilakukan para provider untuk menciptakan keseimbangan konektivitas bagi semua orang. Karena, pada dasarnya, para penyedia layanan pun memiliki kapasitas bandwidth yang terbatas atau tidak sebanding dengan jumlah para penggunanya.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan internet sesuai kebutuhan agar dapat dimanfaatkan selama sebulan meski paket berlangganan yang dipakai diiming-imingi kata unlimited.


Baca juga artikel terkait INTERNET atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Teknologi)

Editor: Alexander Haryanto
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight