Anies Usul ke Luhut PTM DKI Ditiadakan selama Sebulan & Diganti PJJ

Reporter: Riyan Setiawan - 2 Feb 2022 17:38 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sebagai ganti PTM terbatas, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) 100%.
tirto.id - Gubernur DKI, Anies Baswedan mengaku telah mengusulkan kepada Ketua Satgas Covid-19 Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan agar meniadakan pembelajaran tatap muka (PTM) 100% di Jakarta selama satu bulan ke depan.

"Tadi siang berkomunikasi dengan Pak Luhut B. Pandjaitan sebagai Ketua Satgas Covid-19 Jawa-Bali, menyampaikan usulan agar untuk Jakarta, PTM atau Pembelajaran Tatap Muka ditiadakan selama satu bulan ke depan," kata Anies di Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Anies menjelaskan dirinya harus meminta izin ke pemerintah pusat lantaran kebijakan PTM terbatas diatur melalui SKB 4 menteri yang dikaitkan dengan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Berbeda dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tentang kegiatan belajar yang merupakan kewenangan Pemprov DKI.

Sebagai ganti PTM terbatas, kata Anies, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) 100%.

"Kami menyadari persis bahwa kondisi di Jakarta membutuhkan anak-anak untuk mengurangi risiko. Dan usulan dari Pemprov DKI Jakarta adalah kita hentikan PTM dan kita 100% pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah saja. Nanti hasilnya seperti apa, kita akan update kemudian," jelas dia.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana merilis jumlah kasus Covid-19 yang terjadi di lingkungan sekolah saat belajar tatap muka.

Ia mengatakan, ada 99 sekolah yang dinyatakan ditemukan kasus Covid-19 dengan jumlah 222 kasus.

"Ini data dari jumlah sekolah yang dilakukan sampling oleh Dinas Kesehatan itu dari 507 sekolah maka sekolah yang positif dari hasil ACF [Active Case Finding] 99 sekolah, jumlah tes PCR yang dilakukan itu 30.550, jumlah yang positif PCR 222," kata Nahdiana dalam rapat Komisi E DPRD DKI Jakarta secara virtual, Senin (2/2/2022).


Baca juga artikel terkait PEMBELAJARAN TATAP MUKA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight