Review C-Drama:

A Little Thing Called First Love Drama Cina Adaptasi dari Film Thai

Oleh: Frizka Amalia Purnama - 9 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Serial C-Drama, Little Thing Called First Love (2019), mempunyai alur cerita yang lebih kompleks ketimbang versi filmnya.
tirto.id - A Little Thing Called First Love (2019) merupakan judul Drama Mandarin (Drama China/C-Drama) yang memiliki genre romansa dan persahabatan masa sekolah.

Serial ini sejatinya adalah versi remake dari film populer asal Thailand berjudul First Love (Crazy Little Thing Called Love) yang rilis tahun 2010 silam.

Serial yang juga menyandang judul Bahasa Mandarin “Chu Lian Na Jian Xiao Shi” ini, boleh dibilang mempunyai jalan cerita yang lebih menarik dan kompleks, meski secara garis besar tetap berkiblat ke versi filmnya.

Tak mengherankan jika situs IMDb mengganjar A Little Thing Called First Love (2019) dengan rating cukup tinggi, yakni 8,2/10.

Serial ini juga mengusung sejumlah nama tenar seperti Lai Kuan-lin, eks member grup boy band K-Pop Wanna One, yang berperan sebagai Liang You Nian. Kemudian Zhao Jinmai (Angel Zhao) sebagai Xiao Miao Miao. Disutradarai Qi Xiaohui, dan naskahnya ditulis oleh Zhao Qian Qian.

Sebagaimana versi filmnya, serial A Little Thing Called First Love (2019) secara garis besar juga mengisahkan manisnya cinta pertama dua tokoh utama, Xiao Miao Miao dan Liang You Nian.

Xiao Miao Miao adalah seorang gadis biasa yang kebetulan menjadi siswa baru di sebuah sekolah, usai berpindah rumah. Lingkungan baru tempat tinggal Miao Miao ternyata juga sama dengan seorang murid senior dan populer yang ia sukai di sekolah.

Siswa tersebut adalah Liang You Nian, seorang murid yang serba bisa, baik hati, dan dapat diandalkan. Ditambah dengan wajah rupawan, tak ayal jika You Nian lantas menjadi idola dan pujaan para siswi di sekolah.

Xiao Miao Miao yang tergolong berpenampilan biasa-biasa saja sudah tentu menjadi minder. Ditambah lagi dengan karakternya yang pemalu dan lugu, seakan menjadi tembok besar yang menghalangi dirinya untuk mendekati Liang You Nian.

Namun Miao Miao bukanlah gadis yang gampang menyerah. Ia lantas berusaha mengubah penampilan agar dilirik oleh Liang You Nian. Tak hanya itu, Miao Miao juga memutuskan belajar bersama hingga ikut kursus menggambar, demi selalu dekan dengan Liang You Nian.

Keduanya sempat putus kontak saat Liang You Nian lulus SMA. Namun berbekal tekad yang kuat, Miao Miao lantas memutuskan belajar keras agar dapat bertemu kembali dengan sang pujaan hati.

Usahanya membuahkan hasil saat ia diterima masuk ke universitas yang sama dengan Liang You Nian.

Meski alur garis besar serial ini sama dengan versi filmnya, tetapi terdapat sejumlah perbedaan yang membuatnya terasa lebih menarik untuk diikuti.

Lain dari versi film yang hanya berfokus kisah dua tokoh utama, serial A Little Thing Called First Love (2019) juga menyorot kisah cinta beberapa tokoh sampingan seperti: sahabat Xiao Miao Miao, Hexin, dan saudara tiri Liang You Nian, Lin Kai Tuo.

Drama ini juga menyuguhkan konflik yang kompleks, seperti: perdebatan tentang pilihan jurusan kuliah Xiao Miao Miao, pernikahan ayah Liang You Nian yang menyebabkan retaknya persahabatan You Nian dan Lin Kai Tuo, kemudian cinta segiempat antara: Lin Kai Tuo, Liang You Nian, He Xin, dan Xiao Miao Miao. Dan masih banyak lagi alur konflik yang menghiasi serial ini.

Meski membidik sisi romansa anak muda, serial ini juga mengajarkan proses pendewasaan, pentingnya komunikasi, kejujuran, serta keterbukaan dalam hal apapun.

A Little Thing Called First Love adalah drama yang sempurna untuk diraih saat Anda ingin menonton sesuatu yang bebas stress dan menyenangkan, usai menjalani hari yang panjang,” tulis Soompi, dalam ulasan mereka.

A Little Thing Called First Love (2019) pertama kali tayang pada 23 Oktober sampai 21 November 2019 di Hunan Television, tiap Selasa sampai Jumat, dengan jumlah total 36 episode.

Serial ini telah tersedia di NetFlix, namun juga dapat ditonton gratis melalui kanal Youtube resmi KUKAN Drama Channel.




Baca juga artikel terkait A LITTLE THING CALLED FIRST LOVE atau tulisan menarik lainnya Frizka Amalia Purnama
(tirto.id - Film)

Kontributor: Frizka Amalia Purnama
Penulis: Frizka Amalia Purnama
Editor: Oryza Aditama
DarkLight