9 Nutrisi yang Diperlukan untuk Tumbuh Kembang Anak

Oleh: Endah murniaseh - 20 Januari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Gizi yang ada dalam makanan anak harus benar-benar diperhatikan, karena tidak semua sumber makanan yang diberikan ke anak akan bermanfaat untuk proses tumbuh dan berkembangnya.
tirto.id - Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat penting dalam perkembangan anak. Di masa ini, anak-anak akan mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat.

Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, anak membutuhkan gizi yang seimbang agar tidak mengalami kekurangan zat gizi dan menyebabkan proses tumbuh kembangnya terlambat.

Gizi yang ada dalam makanan anak harus benar-benar diperhatikan, karena tidak semua sumber makanan yang diberikan ke anak akan bermanfaat untuk proses tumbuh dan berkembangnya. Jangan sampai orang tua memberikan makanan, tapi didalamnya tidak ada nutrisi yang diperlukan oleh anak.

Berikut ini adalah nutrisi yang baik dikonsumsi oleh anak yang dilansir dari Parents.

1. Protein

Protein dibutuhkan untuk membangun sel, serta mengubah makanan menjadi energi, membuat anak tidak mudah terserang infeksi dan membawa oksigen. Makanan yang mengandung protein dapat diperoleh dari,

- Daging

- Unggas

- Ikan

- Telur

- Produk olahan susu

- Kacang-kacangan

2. Karbohidrat

Karbohidrat bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki jaringan yang ada dalam tubuh anak. Karbohidrat sendiri dapat berupa gula, pati dan serat.

Namun yang baik untuk anak adalah yang kaya akan pati dan serat serta rendah gula. Karbohidrat dapat diperoleh dari makanan berikut ini.

- Roti

- Sereal

- Nasi

- Biskuit

- Spageti

- Kentang

3. Lemak

Lemak bermanfaat untuk menyimpan energi dalam tubuh anak. Lemak juga bermanfaat sebagai zat yang membantu tubuh untuk menyerap beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makanan dengan lemak tinggi dapat diperoleh dari,

- Produk olahan susu

- Minyak goreng

- Daging

- Ikan

4. Kalsium

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi, kalsium juga penting untuk proses pembekuan darah serta meningkatkan fungsi saraf, otot dan jantung. Kalsium dapat ditemukan dalam.

- Susu

- Keju

- Yogurt

- Es krim

- Kuning telur

- Brokoli

- Bayam

- Tahu

5. Zat besi

Agar darah pada anak sehat dan dapat membawa oksigen ke sel-sel tubuh, maka diperlukan zat besi. Zat besi juga bermanfaat agar anak tidak mudah kekurangan darah (anemia).

Anak-anak usia 1 hingga 3 tahun membutuhkan 7 miligram zat besi setiap hari, serta usia 4 tahun hingga 8 tahun membutuhkan 10 miligram zat besi setiap harinya menurut babycenter. Zat besi dapat diperoleh dari sumber makanan berikut ini.

- Daging Merah

- Hati

- Unggas

- Kerang

- Biji-bijian

- Kacang polong

- Serta sereal yang kaya zat besi

6. Folat

Folat bermanfaat agar pertumbuhan dan perkembangan sel pada anak menjadi sehat. Serta tidak menyebabkan anemia (kekurangan darah). Folat biasanya terdapat dalam,

- Sereal gandum utuh

- Kacang-kacangan

- Buncis

- Asparagus

- Bayam

- Kacang hitam

- Kubis brussel

7. Serat

Serat bermanfaat untuk pencernaan pada anak, serta untuk mengurangi potensi terkena penyakit jantung dan kanker.

Serat biasa ditemukan dalam makanan berikut ini:

- Buncis

- Serat gandum utuh

- Kacang-kacangan

- Kacang merah

- Biji-bijian

- Kacang polong

8. Vitamin A

Agar mata anak sehat serta kulitnya tetap sehat maka diperlukan vitamin A. Agar kebutuhan vitamin A anak terpenuhi, dilaniir dari babycenter, biasanya anak dengan usia 1 hingga 3 tahun membutuhkan 300 mikrogram vitamin A per hari serta anak usia 4 tahun keatas membutuhkan 400 microgram per hari. vitamin A biasanya ditemukan dalam,

- Wortel

- Ubi jalar

- Labu

- Aprikot

- Bayam

- Brokoli

- Kubis

- Minyak ikan

- Kuning telur

9. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk menyatukan sel-sel yang ada dalam tubuh. Serta memperkuat dinding pembuluh darah yang dapat membantu tubuh menyembuhkan luka serta membuat tulang dan gigi menjadi kuat.

Biasanya anak dengan usia 1 hingga 3 tahun membutuhkan 15 miligram vitamin C serta usia 4 hingga 8 tahun membutuhkan 25 miligram tiap harinya yang dilansir dari babycenter.

Makanan yang mengandung vitamin C adalah.

- Stroberi

- Jeruk

- Tomat

- Kentang

- Melon

- Kubis

- Brokoli

- Bunga kol

- Bayam

- Pepaya

- Mangga

Selain memberikan nutrisi yang baik bagi anak, cara lain yang dapat digunakan agar anak tumbuh sehat saat masa tumbuh dan berkembang adalah dengan mengajaknya berinteraksi agar anak menjadi aktif, yang akan membuat anak menjadi rajin bergerak dan melatih mereka agar aktif dan lincah.


Baca juga artikel terkait PERTUMBUHAN ANAK atau tulisan menarik lainnya Endah murniaseh
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Endah murniaseh
Penulis: Endah murniaseh
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight