34 DPD Gerindra Minta Prabowo Jadi Ketua Umum Periode 2020-2025

Oleh: Haris Prabowo - 5 Juni 2020
Partai Gerindra menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) secara virtual pada Kamis malam hingga Jumat dini hari.
tirto.id - 34 DPD Partai Gerindra meminta Prabowo Subianto kembali menduduki kursi ketua umum partai untuk periode 2020-2035. Hal itu disampaikan dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) secara virtual pada Kamis (4/6/2020) malam hingga Jumat (5/6/2020) dini hari.

"34 DPD Gerindra yang membawa aspirasi seluruh DPC di seluruh indonesia, meminta kembali Prabowo Subianto menjadi Ketua Umum Gerindra 2020-2025," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat dikonfirmasi pada Jumat pagi.

Menurut Dasco, sosok Prabowo masih dibutuhkan untuk memimpin Partai Gerindra. Ia menilai Prabowo sebagai figur perekat dan pengayom di tubuh partai.

"Karena itu, di tengah-tengah munculnya ide untuk menaikan parlementary treshold dalam pemilu 2024 dan menyongsong Pilkada, seluruh komponen daerah Gerindra meminta Prabowo untuk memimpin perjuangan tersebut," kata dia.

Dasco mengatakan rapat tadi malam berakhir pada Jumat (5/6/2020) dini hari pukul 01.30 WIB, dengan kesepakatan akan mengadakan kongres kendati waktunya belum ditentukan.

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada sosok lain yang bisa menggantikan Prabowo memimpin partai.

"Apalagi Gerindra sudah menjadi partai kedua terbesar pada Pemilu lalu. Kami berharap di bawah kepemimpinan Pak Prabowo, Gerindra akan tetap konsisten di garis kerakyatan," katanya.

Meski begitu, Habib mengatakan partai tak menutup mata untuk regenerasi. Regenerasi sedang disiapkan dan saat ini sedang mengalami proses.

"Tapi sosok Ketua Umum untuk saat ini masih harus 08 [kode Prabowo Subianto]. Kongres nanti setengah virtual. Sebagian hadir di Jakarta secara fisik, yang lain video conference dari daerah," kata dia.


Baca juga artikel terkait KETUA UMUM PARTAI GERINDRA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight