Menuju konten utama

30 Latihan Soal Tes Substantif PPG Prajabatan 2024 & Jawabannya

Kumpulan 30 latihan soal tes substantif PPG Prajabatan 2024 dan jawabannya untuk latihan jelang ujian 3 Juni 2024.

30 Latihan Soal Tes Substantif PPG Prajabatan 2024 & Jawabannya
Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) guru berinteraksi dengan siswa pada kegiatan belajar mengajar di SDN Langkai 11 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (27/2/2023). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/hp.

tirto.id - Tes substantif seleksi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 akan berlangsung mulai 3 Juni 2024. Peserta dapat mempersiapkan diri dengan latihan soal tes substantif PPG Prajabatan 2024 dan jawabannya.

PPG Prajabatan adalah program pembiayaan pendidikan untuk mencetak guru-guru profesional dan berkompeten sesuai standar pendidikan nasional. Sasaran program ini adalah lulusan sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4) jurusan kependidikan maupun non kependidikan yang ingin menjadi guru.

Pendaftar PPG Prajabatan akan menjalani beberapa tahapan seleksi, mulai dari seleksi administrasi, tes substantif, hingga wawancara. Pengumuman hasil seleksi administrasi telah dilaksanakan pada 27 Mei 2024 dan peserta yang lolos bisa lanjut ke tahap tes substantif.

Tes substantif PPG Prajabatan 2024 akan berlangsung selama lima hari pada 3-7 Juni 2024. Sementara pengumuman hasil tes substantif rencananya akan diumumkan pada 20 Juni 2024.

Materi Tes PPG Prajabatan Tahun 2024

Tes substantif bertujuan untuk menguji kemampuan calon guru dalam hal keprofesian sekaligus mengukur pemahaman peserta terkait bidang ilmu yang akan diajarkan.

Melansir laman resmi PPG Kemdikbud, setidaknya ada dua materi yang akan diujikan dalam tes substantif, yaitu:

  • Kemampuan dasar literasi dan numerasi
  • Penguasaan konten bidang studi yang dipilih
Tes substantif sendiri merupakan ujian berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT). Tes akan dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang telah dikoordinir oleh LPTK.

Kumpulan Soal Tes Substantif PPG Prajabatan dan Jawabannya

Berikut contoh soal tes substantif PPG Prajabatan yang terdiri dari soal pilihan ganda:

1. Jika tidak ada banjir, keluarga saya berwisata ke kebun binatang. Jika gelombang laut tidak tinggi keluarga saya berwisata ke pantai. Saat ini keluarga saya tidak berwisata ke kebun binatang dan tidak ke pantai.

Simpulan yang paling tepat adalah...

A. Saat ini keluarga saya tidak sedang berwisata dan sedang ada banjir

B. Saat ini sedang ada banjir atau gelombang laut tinggi.

C. Saat ini keluarga saya lebih senang berlibur ke tempat wisata lain.

D. Saat ini tempat wisata pantai dan kebun binatang bukan tempat yang menyenangkan

Jawaban: B

2. Sebagian guru menguasai bahasa asing. Semua yang menguasai bahasa asing pandai bergaul. Simpulan yang paling tepat adalah...

A. Sebagian yang tidak pandai bergaul bukan guru

B. Sebagian guru yang tidak menguasai bahasa asing pandai bergaul

C. Sebagian yang pandai bergaul bukan guru

D. Sebagian yang pandai bergaul adalah guru

Jawaban: D

3. Semua pelajar memakai sepatu hitam. Beberapa yang hadir di sekolah tidak memakai sepatu hitam.

Simpulan yang tepat adalah...

A. Beberapa yang hadir di sekolah bukan pelajar

B. Beberapa yang hadir di sekolah memakai sepatu hitam

C. Beberapa yang memakai sepatu hitam bukan pelajar

D. Semua yang memakai sepatu hitam adalah pelajar

Jawaban: A

4. Ahmad dipromosikan untuk mendapatkan posisi baru di Kementerian A sebagai Kepala Bidang atau Sekretaris Bidang. Ternyata Budi terpilih sebagai Sekretaris Bidang di Kementerian A sehingga posisi tersebut telah terisi.

Simpulan yang paling tepat sebagai berikut...

A. Ahmad tidak cocok mendapatkan posisi sebagai sekretaris bidang di Kementerian A

B. Ahmad tidak mendapatkan posisi baru di Kementerian A

C. Budi tidak mendapatkan posisi baru di Kementerian A

D. Ahmad mendapatkan posisi baru sebagai kepala bidang di Kementerian A

Jawaban: D

5. Kepala sekolah meminta guru menyerahkan laporan kegiatan jika kegiatan telah dilaksanakan. Jika laporan kegiatan telah diserahkan, honor guru dibayarkan. Simpulan yang paling tepat adalah...

A. Honor guru tidak dibayarkan berarti kegiatan belum dilaksanakan

B. Jika honor guru dibayarkan kepala sekolah dapat menugaskan guru membuat laporan

C. Jika kepala sekolah menerima laporan, kegiatan segera dilaksanakan

D. Laporan kegiatan belum diserahkan berarti horor kepala sekolah tidak dibayarkan

Jawaban: A

6. Perhatikan beberapa kompetensi berikut!

1) Menyusun perencanaan pembelajaran

2) Mengelola kelas dan lingkungan belajar

3) Membuat peta konsep materi esensial

4) Mengidentifikasi materi ajar yang memicu miskonsepsi

5) Menjadi tokoh masyarakat sebagai rujukan informasi

Salah satu tanda guru yang profesional adalah memiliki kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik guru merupakan kemampuan guru untuk…

A. 3 dan 5

B. 2 dan 5

C. 4 dan 5

D. 1 dan 3

Jawaban: D

7. Seorang guru menuliskan indikator pembelajaran menunjukkan sikap jujur. Guru akan mengukur reaksi perilaku siswa menanggapi contoh perilaku tidak jujur (bertindak curang dengan mencontek). Siswa diminta untuk menunjukkan reaksinya bagaimana tindakan saat "mengakui kesalahan”, guru harus mampu menyusun contoh penilaian karakter tindakan jujur terhadap “mengakui kesalahan” indikator perilaku dan kategori capaian perkembangannya. Alat penilaian yang sesuai adalah.....

A. Lembar observasi

B. Portofolio hasil kegiatan

C. Tes tentang sikap jujur

D. Pengamatan perilaku

Jawaban: A

8. Tenda belajar bermakna pada matematika (meaningful theory) mendukung penggunaan benda untuk dimanipulasi sehingga siswa dapat memahami konsep dan keterampilan baru seperti contoh berikut...

A. Guru mengenalkan bilangan tiga menggunakan contoh tiga mangga, tiga balon, tiga pensil

B. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan mengajak siswa menyebutkan secara verbal

C. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan menuliskan simbol angka 3

D Guru mengenalkan bilangan 3 dengan menggunakan gambar tiga mangga, tiga balon, tiga pensil

Jawaban: A

9. Bambang merupakan salah satu peserta didik di sebuah sekolah. Dia selalu ketinggalan pelajaran mengarang sebab tidak memiliki buku tulis yang cukup. Dia hanya memiliki satu buku untuk semua catatan pelajarannya sehingga campur dengan mata pelajaran lain. Hal ini karena kondisi ekonomi sejak kedua orang tuanya meninggal duniA. Saat ini Bambang yatim piatu. Dodi sebagai teman satu meja secara diam-diam memberikan kado buku tulis 1 lusin kepada Bambang. Tindakan yang dilakukan Dodi tersebut merupakan salah satu bentuk keberhasilan pembelajaran dalam menanamkan nilai karakter khususnya karakter.....

A. Tanggung jawab

B. Rajin

C. Peduli

D. Cinta lingkungan

Jawaban: C

10. Dalam pembelajaran di kelas, terdapat beberapa siswa yang mampu menentukan banyaknya titik sudut pada bangun ruang berbentuk kubus dengan cara membayangkannya. Potensi siswa tersebut dari aspek kecerdasan tergolong dalam kecerdasan...

A. Kinestetik

B. Spasial - visual

C. Matematika - logis

D. Intrapersonal

Jawaban: B

11. Kemampuan awal yang harus dimiliki peserta didik sebelum mempelajari konsep dasar tentang mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di negara tetangga adalah...

A. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika

B. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia

C. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa

D. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia

Jawaban: B

12. Kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan siswa adalah...

1. Mempelajari konsep jenis-jenis pekerjaan

2. Menyusun laporan dengan sistematika dengan benar

3. Mencari informasi di lingkungan tempat tinggal

4. Melakukan wawancara kepada penduduk setempat

Dari pernyataan tersebut kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan anak adalah...

A. 1, 2, 3

B. 1, 3, 4

C. 2, 3, 4

D. 1, 3, 4

Jawaban: C

13. Guru akan mengajarkan materi produksi dan konsumsi. Agar pembelajaran bermakna dan menyenangkan sebaiknya...

A. Menjelaskan dengan cerita menarik

B. Menjelaskan materi dengan menggunakan media gambar

C. Berdiskusi tentang konsumsi dan produksi

D. Mengajak siswanya ke lokasi pabrik tahu di dekat sekolah

Jawaban: D

14. Dalam kaitannya dengan upaya motivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada...

A. Metode pembelajaran

B. Pendekatan pembelajaran

C. Strategi pembelajaran

D. Gaya pembelajaran

Jawaban: C

15. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut...

A. Fakta, konsep, prinsip, sikap

B. Fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma

C. Fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur

D. Fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur

Jawaban: B

16. Penilaian diatur dalam permendiknas RI nomor....

A. Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007

B. Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007

C. Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007

D. Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007

Jawaban: B

17. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor di bawah ini....

A. Intake siswa

B. Tingkat kesulitan

C. Sarana pendukung

D. Intake siswa tingkat kesulitan dan sarana pendukung

Jawaban: D

18. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan...

A. Kompetensi dasar

B. Standar kompetensi

C. Indikator

D. Metode pembelajaran

Jawaban: A

19. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek....

A. Kepribadian, kognitif, efektif

B. Kognitif, kepribadian, psikomotor

C. Afektif, kognitif, afektif

D. Kognitif, psikomotor, afektif

Jawaban: D

20. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegiatan refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk....

A. Mengukur ketuntasan peserta didik

B. Mengukur efektivitas proses pembelajaran

C. Mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik

D. Menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya

Jawaban: C

21. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penugasan kompetensi prasyarat peserta didik adalah...

A. Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional

B. Melakukan ulangan harian dadakan atau spontanitas

C. Melakukan kegiatan pre test

D. Melakukan post test

Jawaban: C

22. Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh...

A. Ehavioris

B. Kognitivis

C. Kognitivis behavior

D. Konstruktivisme

Jawaban: D

23. Perhatikan pernyataan berikut:

(1.) Petani tebu tidak bisa menjual hasil buminya.

(2.) Terjadi penambahan jenis tanaman pertanian.

Manakah di bawah ini yang menggambarkan hubungan pernyataan (1) dan (2)?

A. pernyataan (1) adalah penyebab dan pernyataan (2) adalah akibat

B. pernyataan (2) adalah penyebab dan pernyataan (1) adalah akibat

C. pernyataan (1) dan (2) adalah penyebab. Namun tidak saling berhubungan.

D. pernyataan (1) dan (2) adalah akibat dari dua penyebab yang tidak saling berhubungan.

Jawaban: C

24. Perhatikan pernyataan berikut:

(1.) Guru meminta murid mencuci tangan sebelum makan.

(2.) Orang tua membekali anaknya makan siang.

Manakah di bawah ini yang menggambarkan hubungan pernyataan (1) dan (2)?

A. pernyataan (1) adalah penyebab dan pernyataan (2) adalah akibat

B. pernyataan (2) adalah penyebab dan pernyataan (1) adalah akibat.

C. pernyataan (1) dan (2) adalah penyebab. Namun tidak saling berhubungan.

D. pernyataan (1) dan (2) adalah akibat dari dua penyebab yang tidak saling berhubungan.

Jawaban: B

25. Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan...

A. Standar kompetensi

B. Kompetensi dasar

C. Materi pembelajaran

D. Strategi pembelajaran

Jawaban: B

26. Pak Andi memperoleh informasi bahwa komunikasi adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh peserta didik. Komunikasi ini berkenaan dengan berbagai pendapat penyampaian gagasan. Pak Andi memiliki cita-cita besar agar peserta didiknya dapat menguasai karakteristik komunikasi dalam hal pembelajaran. Kegiatan apa yang bisa diupayakan Pak Andi agar peserta didiknya memiliki karakter tersebut?

A. Peserta didik diajarkan untuk menentukan pernyataan benar dan salah

B. Peserta didik menyampaikan pendapat dalam sesi diskusi sementara kawan satu kelas mengikuti apa yang disampaikan

C. Pak Andi memberi tugas kelompok supaya membuat poster serta poster yang dibuat adalah hasil pendapat dari beberapa orang kemudian dituangkan menjadi satu

D. Pak Andi menyusun soal latihan untuk memacu peserta didik agar bisa memecahkan masalah

Jawaban: C

27. Saudara merupakan seorang guru mapel bahasa Indonesia yang akan mendapatkan tempat penugasan di luar kota. Setelah mendapatkan tempat kerja baru, ternyata sarana dan prasarana untuk pembelajaran kurang mendukung. Sebagai guru mapel Bahasa Indonesia yang akan saudara lakukan adalah….

A. Meminta peserta didik untuk tetap bersemangat belajar Bahasa Indonesia dengan keterbatasan sarana dan untuk sabar.

B. Mengatur waktu mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga kehadiran di sekolah tidak setiap hari.

C. Mengajukan donasi orang tua peserta didik guna memperkaya sarana prasarana pembelajaran Bahasa Indonesia.

D. Tetap melaksanakan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

Jawaban: D

28. Di sebuah proses belajar mengajar terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan merampungkan soal tentang membedakan sebuah buku fiksi dan non fiksi. Tindakan saudara sebagai guru yang paling tepat adalah....

A. Meminta peserta didik menghapal pengertian fiksi dan nonfiksi.

B. Meminta peserta didik supaya membaca kembali buku

C. Menyampaikan kembali pengertian fiksi dan nonfiksi

D. Memberikan contoh-contoh tulisan-tulisan yang berbentuk fiksi dan nonfiksi

Jawaban: D

29. Ibu Susi sangat sadar sekali dengan pengertian pembelajaran abad 21. Hal yang perlu dimiliki oleh peserta didik adalah berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan melihat masalah dan cara baru kemudian menalarkan pada mata pelajaran. Upaya pembelajaran yang harus dilakukan Ibu Susi agar peserta didik dapat memiliki karakter berpikir kritis antara lain…

A. Peserta didik menyampaikan ide di sesi presentasi sementara teman yang lain mendiskusikan hal yang disampaikan

B. Ibu Susi menampilkan 5 gambar benda sementara meminta peserta didik memilih salah satu gambar dengan karakteristik tertentu disertai alasan logisnya.

C. Ibu Susi menyusun soal latihan untuk mendorong anak supaya memecahkan masalah

D. Peserta didik mengerjakan soal tipe sulit

Jawaban: A

30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemi Covid- 19 ini mengakibatkan kehilangan proses pembelajaran yang utama bagi siswa. Karena itu memungkinkan peserta didik kelas IX SMP memiliki pengetahuan Bahasa Inggris setara dengan kelas VII atau VIII. Hal ini tentu bisa membawa peserta didik kesulitan dalam mengikuti seleksi ujian masuk jenjang SMA. Jika saudara mengajar di kelas IX, hal yang saudara lakukan adalah…

A. Meminta peserta didik untuk belajar Bahasa Inggris dengan waktu yang lebih banyak guna mengganti waktu belajar sebelumnya

B. Melakukan pengujian diagnostik atau melakukan apersepsi sebelum pembelajaran dimulai.

C. Meminta peserta didik agar belajar mandiri dengan materi yang sudah ada dalam buku

D. Mendatangi rumah peserta didik untuk les privat

Jawaban: B

Baca juga artikel terkait PPG 2024 atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani & Yonada Nancy