Xiaomi Mi A3 Meluncur di Spanyol dengan Harga Mulai Rp4 Juta

Oleh: Ibnu Azis - 17 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi Xiaomi Mi A3 cukup menggoda untuk smartphone Android kelas menengah.
tirto.id - Xiaomi resmi mengumumkan kehadiran smartphone Android One terbarunya, Mi A3 dalam sebuah acara peluncuran di Madrid, Spanyol, Rabu (17/7/2019). Ponsel yang dibekali tiga kamera belakang, fitur sensor sidik jari dalam layar, dan baterai berkapasitas besar ini, dijual dengan harga mulai 250 euro atau setara Rp4 juta (kurs Rp15.675).

"Seri Android One kami, termasuk Mi A1 dan Mi A2, selalu sukses dalam hal popularitas dan reputasi. Kami yakin Mi A3 akan melebihi harapan pengguna," kata Wakil Presiden Senior Xiaomi, Wang Xiang dikutip Mi Blog.

Xiaomi Mi A3 menawarkan layar sentuh bertipe Super AMOLED dengan diagonal 6 inci HD+. Layarnya sudah dilapisi proteksi antigores Corning Gorilla Glass 5 dengan aspek rasio 19,5:9. Pada tepi atas layarnya, tersemat notch mungil berdesain tetesan air sebagai letak kamera selfie.

Kamera itu berkekuatan 32MP (f/2.0) yang mampu merekam video kualitas FHD dengan 30fps. Di bagian belakang, tersemat tiga kamera, masing-masing beresolusi 48MP (wide), 8MP (ultrawide), dan 2MP (depth sensor). Kamera belakang Xiaomi Mi A3 dapat mengabadikan video kualitas 4K dengan 30fps.

Ponsel dengan tebal 8,5 mm dan bobot 173,8 gram ini menjalankan OS Android 9.0 dengan antarmuka Android murni. Sebagai ponsel Android One, pembaruan OS dan keamanannya mendapat prioritas dari Google. Di bagian dapur pacu, Xiaomi Mi A3 bertenaga chipset Snapdragron 665 berkonsep octa-core yang ditandemkan dengan RAM 4GB untuk mendongkrak performanya.

Xiaomi Mi A3 yang dibekali penyimpanan internal hingga 128GB plus microSD maksimal 256GB, mengandalkan kartu grafis Adreno 610 untuk mengakomodasi kebutuhan gaming penggunanya. Aksi main game jadi tambah nyaman berkat baterai berkapasitas 4.030mAh, yang didukung fitur fast charging 18W via USB-Type C saat mengisi daya.

Di Eropa, ponsel ini dijual seharga Rp4 juta untuk varian 4GB + 64GB dan 280 euro atau setara Rp4,3 juta untuk varian 4GB + 128GB. Di sana, Xiaomi Mi A3 dapat dibeli di mi.com, Mi Stores, Carrefour, El Corte Ingles, MediaMarkt, Movistar, Worten, Alcampo, Amazon, termasuk FNAC.

Jika berkaca dari spesifikai, maka Mi A3 identik dengan Mi CC9e, smartphone Xiaomi dari lini CC, yang sudah diumumkan pada awal Juli 2019.


Baca juga artikel terkait XIAOMI atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight