Copa del Rey 2019

Valencia Gagalkan Misi Barcelona Juara Copa del Rey 5 Kali Beruntun

Oleh: Beni Jo - 26 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kemenangan Valencia atas Barcelona dengan skor 2-1 pada final Copa del Rey, Minggu (26/5/2019), membuat Barca gagal menjadi juara lima kali beruntun.
tirto.id - Valencia berhasil merebut trofi Copa del Rey 2018/2019 usai mengalahkan Barcelona dengan skor 2-1 dalam laga yang digelar di Stadion Benito Villamarin, Minggu (26/5/2019). Los Che pun mengubur mimpi Barca untuk menjuarai kompetisi tersebut lima kali beruntun sejak musim 2014/2015.

Dua gol Kevin Gameiro dan Rodrigo Moreno pada babak pertama hanya mampu dibalas lewat sebiji gol hasil kreasi Lionel Messi pada babak kedua. Valencia pun sukses merebut satu-satunya gelar yang bisa diraih oleh pasukan Marcelino Garcia Toral musim ini.

Catatan impresif Valencia ini menggagalkan usaha Barcelona untuk menjuarai kompetisi tersebut secara berturut-turut lima edisi terakhir.

Tim yang saat ini diarsiteki oleh Ernesto Valverde itu adalah jawara Piala Raja sejak musim kompetisi 2014/2015 hingga 2017/2018. Barca selalu menjadi juara dalam tiga musim di era pelatih Luis Enrique, dan menjaga tradisi tersebut di musim pertama di bawah Valverde tahun lalu.

Valverde sendiri memuji penampilan Valencia pada laga puncak itu. Menurutnya, sang lawan sangat bagus dalam membangun serangan balik.

"Valencia sangat bagus dalam melakukan serangan balik, dan itu berjalan dengan efektif," bebernya, dilangsir laman Marca, Minggu (26/5).

Terakhir kali ada tim yang mampu meraup trofi Copa del Rey di luar Barcelona dalah Real Madrid pada musim 2013/2014 silam. Uniknya ketika itu Madrid mengalahkan Barca dengan skor 2-1.

Dengan kekalahan dari Valencia, Blaugrana pun harus puas dengan hanya meraih satu gelar saja di musim ini, yaitu juara La Liga 20182/2019.

Barca sendiri merupakan juara Copa del Rey terbanyak sepanjang sejarah, dengan raihan 30 trofi. Selain itu, tim asal Catalunya itu juga pernah menjadi runner-up 11 kali.

Di posisi kedua untuk peraih trofi terbanyak terdapat Athletic Bilbao dengan 23 kali gelar, diikuti oleh Real Madrid yang mampu mengumpulkan 19 trofi. Sedangkan Atletico Madrid ada di peringkat keempat dengan raihan 10 gelar.

Valencia yang menjadi jawara musim ini, kini sudah mengoleksi delapan trofi Copa del Rey. Los Che juga tercatat menjadi runner-up sebanyak sembilan kali. Terakhir kali tim yang bermarkas di Stadion Mestalla itu mampu menjadi juara terjadi pada musim 2007/2008 silam saat mengalahkan Getafe di Stadion Vicente Calderon dengan skor 3-1.



Baca juga artikel terkait COPA DEL REY atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus