Hari Penting 2021

Ulang Tahun Google 2021, Sejarah, & Alasan Diperingati 27 September

Oleh: Abdul Hadi - 26 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
Sejarah Google dan mengapa ulang tahunnya diperingati setiap tanggal 27 September?
tirto.id - Hari ulang tahun Google diperingati setiap tanggal 27 September. Tahun 2021 ini, Google merayakan HUT alias ultah yang ke-23. Lantas, bagaimana sejarah berdirinya Google hingga menjadi perusahaan digital terbesar nomor satu di dunia saat ini?

Google kini tidak hanya sebagai mesin pencari (search engine) atau penyedia email saja, juga menyediakan berbagai layanan layanan lainnya yang amat membantu dan mempermudah aktivitas manusia di ranah digital alasi internet.

Beberapa jenis layanan Google yang paling populer di antaranya adalah Google Chrome, Google Email (GMail), Google Play, Google Drive, Google Meet, Google Map, Google Docs, Blogspot (Blogger), Google Analytics, Google Translate, Google Classroom, YouTube, dan masih banyak lagi.


Sejarah Terciptanya Google

Cikal-bakal Google dimulai sejak 1996 ketika Larry Page dan Sergey Brin mengerjakan proyek BackRub. Saat itu, Larry Page dan Sergey Brin merupakan dua mahasiswa doktoral di Universitas Stanford, California, Amerika Serikat (AS). Awalnya, BackRub adalah bagian dari penelitian mesin pencari internet dengan algoritma matematika.

Ide mengenai mesin pencari ini menarik perhatian investor dari Silicon Valley. Investor asal Jerman bernama Andy Bechtolsheim melihat prospek BackRub akan menjadi perusahaan besar. Andy Bechtolsheim pun menuliskan cek sebesar 100 ribu dolar AS kepada Larry Page dan Sergey Brin untuk meluncurkan perusahaan dengan mesin pencari BackRub.

Uniknya, penggantian nama BackRub menjadi Google berdasarkan salah ketik (typo). Ketika akan mendirikan perusahaan itu, Larry Page dan Sergey Brin mencari nama yang sesuai. Awalnya Larry Page ingin menamai domainnya dengan "Gogol.com".

Dalam istilah matematika, gogol adalah adalah angka 1 yang diikuti dengan 100 kali nol. Larry Page kemudian meminta temannya, Sean Anderson untuk mengecek ketersediaan domain "Gogol.com" di internet. Namun, Sean Anderson malah salah ketik menjadi Google.com.


Larry Page dan Sergey Brin memang menargetkan bahwa Google akan menjadi perusahaan besar. Namun, keduanya tak pernah menyangka Google akan menjadi perusahaan mesin pencari nomor satu di internet.

Dalam perkembangannya, Google juga mengembangkan sistem operasi Android untuk gawai pintar dan peramban Google Chrome. Selain itu, Google juga bekerja sama dengan pelbagai produsen untuk memproduksi Nexus.

Saat ini, Google menjadi perusahaan multinasional yang memiliki cabang nyaris di seluruh dunia. Ia memiliki lebih dari 1 juta server untuk menunjang kinerja mesin pencariannya.

Laman Alexa menempatkan Google sebagai situs web paling banyak dikunjungi di seluruh dunia, diikuti dengan YouTube, kemudian Tmall.com.

Pendapatan dari Google ini mengantarkan Larry Page dan Sergey Brin sebagai bagian dari jajaran orang-orang terkaya di seluruh dunia, sebagaimana diwartakan Forbes.

Pada Desember 2019, Larry Page dan Sergey Brin mengundurkan diri dari jabatan Chief Executive Officer (CEO) dan Presiden Google. Saat ini, CEO Google dipegang oleh pria asal India, Sundar Pichai, Ruth Porat sebagai wakil presiden senior.


Mengapa Ulang Tahun Google Diperingati 27 September?

Penggodokan ide untuk menciptakan Google sebenarnya dimulai sejak 1996. Namun, nama domain "Google.com" baru didaftarkan pada 17 September 1997. Setahun setelahnya, perusahaan Google didirikan pada 4 September 1998.

Lantas, kenapa ulang tahunnya pada 27 September?

Hal ini cukup membingungkan. Tidak hanya pada Google, media sosial Twitter juga kebingungan dengan ulang tahunnya. Apakah ulang tahunnya ditetapkan berdasarkan ide awal pembuatan Google? Apakah berdasarkan pendaftaran domain internetnya? Apakah ketika perusahaan Google pertama kali didirikan? Atau ketika Google pertama kali diluncurkan ke publik?

Laman Techquintal menuliskan sejumlah kebingungan awak Google dalam menetapkan perayaan ulang tahun Google. Misalnya, pada 2003, Google merayakan ulang tahunnya pada 8 September. Setahun setelahnya, pada 7 September 2004. Kemudian, pada 2005, Google merayakan ulang tahun pada 26 September.

Barulah pada 2010 Google secara resmi menyatakan bahwa perayaan ulang tahunnya jatuh pada setiap 27 September. Kenapa? Karena Google memutuskan sendiri untuk merayakan ulang tahunnya pada setiap 27 September.


Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight