Mengenal Aplikasi Drive Terbaru dari Google untuk Windows & Mac

Oleh: Ega Krisnawati - 21 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Google baru saja meluncurkan aplikasi drive terbaru untuk pengguna desktop berbasis Windows dan Mac.
tirto.id - Google telah meluncurkan aplikasi Drive terbaru untuk memudahkan penggunanya dalam mengelola file. Aplikasi ini telah dapat digunakan mulai 19 Juli 2021.

Sebagaimana yang dilansir dari laman Gizmodo, melalui aplikasi Drive terbaru penggunanya dapat mencadangkan foto langsung dari komputer secara otomatis.

Selama beberapa tahun terakhir, pengguna biasa mengandalkan aplikasi Pencadangan dan Sinkronisasi untuk menyinkronkan dan mengunggah file, sementara pengguna bisnis atau Google Drive for business mengandalkan aplikasi Drive File Stream untuk mengelola kebutuhan penyimpanan komersial.

Tidak hanya itu, Google mengatakan bahwa aplikasi Drive terbaru dapat menggabungkan semua fitur yang dibutuhkan.

Tidak hanya penggabungan, pengguna juga bisa mengunggah, menyinkronkan foto, dan video ke Google Foto atau Google Drive.

Kemudian, menyinkronkan perangkat penyimpanan eksternal dengan data dari Cloud atau tempat penyimpanan file.

Sistem Google Drive terbaru ini akan semakin memudahkan pengguna agar file yang dimilikinya lebih cepat dan lebih mudah diakses. Aplikasi ini tersedia di Windows dan Mac.

Cara kerja aplikasi Drive baru besutan Google

Dikutip dari laman Techradar, penyederhanaan sinkronisasi desktop Google ke dalam satu aplikasi bermula dari adanya visi untuk membantu kepentingan para pengguna Google Drive for business.

Meskipun sebelumya Google pernah memiliki satu aplikasi Drive yang kemudian dipecah menjadi 'Drive File Stream' dan 'Backup and Sync' pada tahun 2017, tapi ternyata aplikasi ini tampak tidak memberi perubahan yang besar bagi pengguna Google Drive for business.

Pengguna yang telah mensinkronkan file yang sebelumnya, dipastikan tidak akan mengalami kerusakan atau perubahan file.

Google mengatakan, bahwa aplikasi Drive yang terbaru hanya akan memberikan pembaruan pada cara mengakses dan menyinkronkannya.

Dalam peluncuran aplikasi Drive terbaru, Google berharap agar para pengguna segera berpindah ke aplikasi ini.

Kendati begitu, Google akan memberikan notifikasi bagi penggunanya agar segera memperbarui aplikasi Drive terbaru. Sehingga, pengguna dapat lebih mudah memahami waktu yang tepat untuk melakukan pembaruan pada aplikasi Google Drive yang dimiliki.

Sementara aplikasi pencadangan yang sebelumnya akan berhenti berfungsi pada 1 Oktober 2021.

Meskipun seakan pengguna dipaksa untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi terbaru, Google menjanjikan bahwa perubahan dan pembaruan yang ada tidak akan membuat pengguna menjadi bingung dan merasa lebih rumit.

Bahkan, pengguna Google for business akan diberikan kesempatan untuk membaca informasi lebih rinci terkait pembaruan aplikasi Drive yang akan mereka dapatkan sebelum melakukan pembaruan pada aplikasi Google Drive.



Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight