Ulang Tahun "Bapak Pinyin" Zhou Youguang Dirayakan Google Hari Ini

Ulang Tahun "Bapak Pinyin" Zhou Youguang Dirayakan Google Hari Ini
Zhou Youguang. Foto/Quita
13 Januari, 2018 dibaca normal 1:30 menit
Pinyin berasal dari sistem romanisasi bahasa Mandarin yang resmi digunakan oleh pemerintah RRC sejak tahun 1958.
tirto.id - Hari Sabtu (13/1/2018) ini Google Doodle memajang ilustrasi Zhou Youguang, seorang ekonom, bankir, ahli linguistik, sinologi, penerbit, dan supercentenarian Cina yang dikenal sebagai "Bapak (Hanyu) Pinyin”. 13 Januari 1906 adalah tanggal kelahirannya.

Pinyin adalah sebuah sistem romanisasi bahasa Mandarin yang resmi dipergunakan oleh pemerintah Republik Rakyat Cina (RRC) sejak tahun 1958, Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) pada tahun 1982, dan akhirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1986.

Menurut catatan Al Jazeera, Zhou lahir di Changzhou pada tahun 1906. Ia menunjukkan minat pada linguistik sejak usia 12. Nama “Youguang” ia bubuhkan sendiri sebab ingin “membawa cahaya” ke dunia. Zhou muda, yang kerap menunjukkan prestasi di kelas, lulus dari sekolah menengah atas dengan predikat terhormat.
 
Pada tahun 1932 ia masuk St. John's University di Shanghai dengan bantuan finansial dari keluarga dan teman-temannya. Usai lulus dari jurusan Ekonomi pada 1927, ia melanjutkan belahar linguistik.

Kariernya usai Perang Dunia II cukup mentereng. Ia diposisikan sebagai perwakilan bank Sin Hua yang ditempatkan di New York hingga London.

Pada tahun 1955 pemerintah RRC menempatkan Zhou ke dalam posisi kepala komite reformasi bahasa Cina. Meski menganggap linguistik sebagai hobi, Zhou tak bisa menolak perintah itu.

Romanisasi Pinyin ia mulai secara resmi pada tahun 1985. Sebelumnya ia memulai upaya pemanasan selama tiga tahun dengan pindah ke Beijing.

Pada awalnya ia hanya membuat panduan cara pengucapan, bukan sistem menulis. Ia sempat dipekerjakan di kamp buruh pada tahun 1966 karena agak reaksioner terhadap pemeritnah. Selama dua tahun lebih ia menggarap sawah.

Setelah bebas, ia kembali melanjutkan proyek linguistiknya. Zhou mendasarkan Pinyin pada beberapa sistem yang telah ada sebelumnya. Fonemnya terinspirasi oleh Gwoyeu Romatzyh dari tahun 1928 dan Latinxua Sin Wenz dari tahun 1931, sementara tanda diakritik yang mewakili nada terinspirasi oleh Zhuyin.

Pada bulan April 1979 Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) di Warsawa menyelenggarakan sebuah konferensi teknologi. Berbicara atas nama RRC, Zhou mengusulkan penggunaan "Sistem Hanyu Pinyin" sebagai standar internasional untuk pengejaan bahasa Cina. Pada 1982 skema tersebut menjadi ISO 7098 usai disepakati lewat pemungutan suara.

Memasuki1980-an ia membantu mengawasi proses terjemahan Encyclopedia Britannica ke dalam bahasa Mandarin, yang kemudian berjuluk “Ensiklopedi Zhou”.

Zhou adalah penulis yang produktif. Selama hidupnya ia telah menghasilkan lebih dari 40 buku. Banyak di antaranya yang dilarang beredar karena bersikap kritis terhadap pemerintah. Sekitar 10 di antaranya Zhou terbitkan setelah usianya melampaui 100 tahun.

Hari ini seharusnya ulang tahun Zhou yang ke-112. Tapi Zhou meninggal pada tanggal 14 Januari 2017 di rumahnya di Beijing, sehari setelah ulang tahunnya yang ke-111.

Baca juga artikel terkait ZHOU YOUGUANG atau tulisan menarik lainnya Akhmad Muawal Hasan
(tirto.id - awa/awa)

Keyword