Tips Menghemat Bagasi Pesawat Agar Tidak Kena Biaya Tambahan

Oleh: Maria Ulfa - 8 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Lion Air dan Wings Air menghapus fasilitas bagasi gratis. Tips hemat barangkali Anda butuhkan.
tirto.id - Mulai 8 Januari 2019, Lion Air dan Wings Air resmi menghapus fasilitas bagasi gratis. Penumpang hanya boleh membawa barang maksimal seberat 7 kilogram ke dalam kabin pesawat, selebihnya akan dikenakan tarif tambahan. Tips untuk menghemat beban barang bawaan tentunya diperlukan jika Anda tidak ingin merogoh uang lagi untuk biaya ekstra.

Sebelum aturan itu dihapuskan, Lion Air memberikan fasilitas bagasi gratis untuk barang dengan berat hingga 20 kilogram, sementara Wings Air hingga 10 kilogram. Kini, penumpang hanya diperkenankan membawa barang dengan dimensi maksimum 40x30x20 cm dan satu barang pribadi seperti tas laptop, tas jinjing, atau semacamnya.

Jika ingin memperoleh ruang bagasi yang lebih besar, calon penumpang dapat membeli voucher bagasi tambahan, atau menghitung kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku saat itu. Sebenarnya, aturan bagasi berbayar seperti ini sudah diberlakukan oleh berbagai maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Lalu, bagaimana cara untuk menghemat bagasi agar kita tidak perlu mengeluarkan uang tambahan? Ada beberapa tips dan caranya.


Usahakan membawa koper atau tas yang ringan untuk mengemas barang-barang Anda. Gunakan koper dengan berat kurang dari 2,7 kilogram atau tas dengan ruang luas dan fungsional, seperti tersedia tempat laptop dan punya banyak kantong tambahan.

Anda juga bisa memanfaatkan tas kompresi vakum untuk memuat pakaian yang Anda bawa. Dengan tas seperti ini, barang bawaan menjadi lebih praktis dan ringkas.

Jangan lupa, hindari membawa gadget terlalu banyak. Tinggalkan peralatan yang tidak terlalu dibutuhkan. Untuk meringkasnya, sebisa mungkin masukkan semua hal yang Anda perlukan ke dalam smartphone utama, semisal musik, film, e-book, dan file-file lainnya, tidak perlu membawa gadget terpisah.

Selain itu, sebaiknya tidak perlu membawa alat mandi yang berlebihan, seperlunya saja. Begitu juga dengan alat make-up atau kosmetik. Bawalah kosmetik berukuran kecil. Beberapa jenis kosmetik yang memiliki wadah besar bisa dipindahkan dulu sebagian isinya ke wadah yang lebih kecil.

Mengenakan barang, aksesoris, atau pakaian yang berat di badan juga bisa dilakukan untuk mengurangi beban barang bawaan yang harus dibawa.

Setelah mengepak barang selesai, pastikan timbang dulu berat total barang bawaan Anda. Jangan lupa mengecek batas berat bagasi di kabin untuk maskapai yang akan digunakan.

Lebih baik lagi jika Anda terlebih dulu mempelajari aturan maskapai sebelum menentukan ukuran koper atau tas yang akan dibawa. Jadi, Anda dapat menyesuaikan berapa dimensi dan berat koper atau tas sehingga tidak melebihi batas maksimal yang bisa dimasukkan ke dalam kabin pesawat.

Selamat mencoba.

Baca juga artikel terkait BAGASI BERBAYAR atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Gaya Hidup)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Iswara N Raditya