Tim Panelis Belum Selesai Susun Draf Pertanyaan Debat Kedua Pilpres

Oleh: Bayu Septianto - 11 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sudharto mengatakan, finalisasi penyusunan soal debat akan selesai pada akhir pekan ini.
tirto.id - Koordinator Panelis debat Pilpres 2019 putaran kedua, Sudharto Prawoto Hadi mengaku sedang menyusun draf pertanyaan untuk kandidat yang akan berdebat nanti. Menurut dia, draf tersebut sudah disusun sejak Jumat pekan lalu usai mendengarkan masukan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang berkaitan dengan tema debat nanti.

"Sampai hari Sabtu malam itu kita sudah merumuskan draf pertanyaan-pertanyaan berkaitan lima tema debat itu," ujar Sudharto saat dihubungi, Senin (11/2/2019).

Rencananya, kata Sudharto, finalisasi penyusunan soal debat akan selesai pada akhir pekan ini, atau paling lambat pada satu hari sebelum pelaksanaan debat yakni, Sabtu 16 Februari 2017. Di hari itu pula, tim panelis akan menyerahkan soal-soal debat kepada moderator.

Sudharto pun belum bisa memastikan jumlah pertanyaan debat kedua yang mengusung tema energi dan pangan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup serta infrastruktur.

"Kita akan ketemu lagi Jumat dan Sabtu [pekan ini], seluruh tim panelis, kemudian kita serahkan ke moderator, dengan disaksikan oleh KPU,” kata Sudharto.

Tim panelis juga masih menginventarisasi tayangan video yang akan menjadi bahan pertanyaan untuk segmen keempat yakni debat eksplorasi atau debat bebas antar dua kandidat calon presiden.

"Kita inventarisasi apa-apa yang mau kita tayangkan, lalu kemudian Jumat dan Sabtu kita matangkan, kita sertai pertanyaan kepada para capres," jelasnya.


Debat kedua ini akan digelar di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu, 17 Februari 2019 mendatang. Debat akan dipandu oleh dua orang moderator, yakni Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro.

Debat kedua nanti merupakan ajang antar-capres, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Tujuh panelis telah dipilih KPU untuk merumuskan pertanyaan dalam debat nanti, mereka adalah:

1. Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Prof Joni Hermana
2. Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria yang merupakan ahli pertanian dan ekologi manusia
3. Ahli pertambangan Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Irwandy Arif
4. Pakar energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Ahmad Agustiawan
5. Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati
6. Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria (KPA) Dewi Kartika.
7. Sudharto Prawoto Hadi, pakar lingkungan dari Universitas Diponegoro (Undip).

Tujuh panelis ini telah menandatangani Pakta Integritas ini untuk tidak membocorkan pertanyaan-pertanyaan debat kedua.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Alexander Haryanto