tirto.id - Pandemi Covid-19 berdampak terhadap ekonomi, terutama pada pedagang kecil. Namun bagi sebagian pedagang, situasi ini justru menjadi peluang untuk tetap bertahan hidup dan mengembangkan usahanya.
Jenifer Coy dalam artikelnya di Forbes menyebut ada 7 cara bagi bisnis kecil untuk menyelamatkan usahanya. Tujuh cara itu antara lain:
1. Menjaga hubungan dengan rekanan
2. Memperpanjang durasi kerja
3. Menjaga kebersihan usaha
4. Mengakomodasi kebutuhan pelanggan
5. Mencari peluang
6. Mendidik dan melibatkan pelanggan
7. Memanfaatkan teknologi
Melihat Peluang Pasar dengan Siasat Sederhana
Contoh nyata strategi bertahan para pedagang kecil di tengah pandemi ini dapat dilihat dari Mas Komeng, pedagang roti Lauw yang menjadi perbincangan di linimasa Twitter beberapa hari belakangan ini.
Pedagang ini viral lantaran “strategi” bisnisnya diunggah oleh akun @ardiwilda di Twitter. Bahkan sampai dengan Rabu (1/9/2021) status yang diunggah akun @ardiwilda pada 28 Agustus itu disukai 16,7 ribu akun dengan di-retweet sebanyak 5,3 ribu dan menuai 303 komentar.
Sore ini ketemu abang "growth hacking" yg asoy namanya Mas Komeng.
— ardiwilda (@ardiwilda) August 28, 2021
Penjual roti yg inisiatif jual air mineral krn banyak orang nanya minum abis makan rotinya. Udah dua bulan jalan bawa air dan hasilnya lumayan.
Belajar dari siasat2 sederhana kayak gini selalu menyenangkan ❤ pic.twitter.com/35YNXlKOzA