Soal Cawagub DKI, Politikus Gerindra Klaim Sudah Tetapkan Satu Nama

Oleh: Riyan Setiawan - 26 Desember 2019
Politikus Gerindra Jakarta Syarif mengklaim partainya telah menetapkan satu nama sebagai cawagub DKI untuk menggantikan Sandiaga Uno.
tirto.id - Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jakarta Syarif mengklaim partainya telah menetapkan satu nama untuk calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta untuk menggantikan Sandiaga Uno.

Ia menyebut sosok tersebut merupakan salah satu dari empat nama yang diajukan ke PKS, yaitu: Sekda DKI Jakarta Saefullah, Dewan Penasihat DPP Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry J Yuliantoro, dan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria.

“Sudah ada kesepakatan. Salah satu nama dari situ [empat kandidat sebelumnya]," kata anggota DPRD DKI dari Fraksi Gerindra ini, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).

Namun, Syarif tidak mau menyebutkan secara gamblang siapa sosok yang telah ditetapkan oleh Partai Gerindra tersebut. Ia hanya menyebutkan beberapa ciri-cirinya, seperti memiliki pengalaman di pemerintahan dan parlemen. Lalu juga pernah menjadi anggota DPR RI.

“Pokoknya dia orang matang,” kata dia.

Berdasarkan kriteria yang disebut Syarif, kandidat yang diajukan Gerindra ini mengerucut kepada dua nama, yaitu: Riza Patria sebagai anggota DPR RI dan Saefullah selaku Sekretaris Daerah (Sekda) DKI.

Akan tetapi, beberapa waktu lalu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPP) Partai Gerindra DKI Jakarta Mohammad Taufik memberi sinyal nama Sekertaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Saefullah tak jadi calon.

Taufik menuturkan nama tersebut bakal diumumkan pada Sabtu (28/12/2019) sekitar pukul 13.00 WIB, di Wisma Garuda Dua, Kosambi, Jakarta Barat.

“Acara tutup akhir tahun sekalian update cawagub," jelas dia.

Selain nama yang diusulkan Gerindra, PKS sebelumnya juga mengusulkan dua nama, yaitu: Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Taufik mengklaim PKS telah legowo jika kursi cawagub diperebutkan oleh Gerindra dan PKS.
"Sekarang alhamdulillah [sudah legowo]," kata dia.


Baca juga artikel terkait CAWAGUB DKI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Abdul Aziz
DarkLight