Soal Belajar dari Rumah Kelas 1-3 SD Hingga SMA 5 Mei Hari Ini

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 5 Mei 2020
Dibaca Normal 2 menit
Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 5 Mei 2020 untuk SD hingga SMA.
tirto.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemi virus corona COVID-19, yaitu program Belajar dari Rumah.

Program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan.

"Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi," urai Kemendikbud.

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 5 Mei 2020


08.00-09.00 WIB Jalan Sesama: Grrr, Meong, Citcit (PAUD)

08.30-09.00 WIB Matematika: Mengukur Berat Benda (Kelas 1-3 SD)

09.00-09.30 WIB X-Sains: Gaya dan Sifat-Sifatnya (Kelas 4-6 SD)

09.30-10.00 WIB Matematika Mantul: Persamaan dan Pertidaksamaan Linear (SMP)

10.03-10.30 WIB Matematika: Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat (SMA)

10.30-11.00 WIB Anak Berkebutuhan Khusus (Parenting)

21.30-23.30 WIB Film Guru Sahabatku


Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 5 Mei 2020


Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 1-3 SD

Matematika: Mengukur Berat Benda

KOMPETENSI NUMERASI: (1) Mengukur berat benda; (2) Membandingkan berat benda; (3) Menyelesaikan masalah terkait berat benda

Soal Mengukur Berat Benda
Soal Matematika SD Mengukur Berat Benda. foto/kemendikbud



Soal Mengukur Berat Benda
Soal Matematika SD Mengukur Berat Benda. foto/kemendikbud


Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 4-6 SD

X-Sains: Gaya dan Sifat-Sifatnya

KOMPETENSI LITERASI: (1) Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskan kembali dan menanggapi menggunakan pengetahuannya; (2) Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalaman dengan lebih terstruktur.

Pertanyaan:

1. Jelaskan 3 contoh aktivitas kalian yang menggunakan sifat gaya ketika membantu ibu di rumah!

2. Lakukan percobaan! Jatuhkan dua buah batu dengan ukuran berbeda secara bersamaan dari ketinggian yang sama. Apa yang akan terjadi ? Tuliskan hasil percobaanmu!

3. Tuliskan pengamatanmu dalam bentuk laporan sederhana terhadap percobaan Menara Mur Hexagonal!

4. Mengapa kita dapat mendengar gaung dan gema? Jelaskan perbedaan keduanya melalui ilustrasi berupa perbedaan dimensi ruangnya!

Pertanyaan Belajar dari Rumah SMP

Matematika Manfaat Betul (Mantul): Persamaan dan Pertidaksamaan Linear

KOMPETENSI NUMERASI: (1) Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel; (2) Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata.

1. Suatu perlombaan sepeda santai diikuti oleh 9.000 orang. Panitia akan menyediakan 125 hadiah yang terdiri dari sepatu olahraga seharga Rp 500.000,00 per pasang dan jaket seharga Rp 200.000,00 per jaket. Panitia menyediakan dana sebesar Rp 37.000.000,00 untuk membeli semua hadiah. Ketua panitia mengatakah bahwa jika panitia hanya membeli 40 pasang sepatu olahraga, maka panitia hanya bisa membeli kurang dari 80 jaket sebagai hadiah.

Apakah kamu setuju dengan pernyataan ketua panitia tersebut? Jelaskan alasanmu!

2. Sebuah mobil boks memiliki kapasitas total angkut 1.930 kg. Berat supir 70 kg dan berat kernetnya 60 kg. Supir mengatakan bahwa mobil dapat mengangkut lebih dari 45 kotak barang yang berat tiap kotaknya 40 kg untuk sekali pengangkutan. Apakah kamu setuju dengan pernyataan supir tersebut?

3. Lima tahun yang lalu umur Dedi 7 kali umur Andi, sedangkan 20 tahun yang akan datang umur Dedi 2 kali umur Andi. Benarkah sekarang umur Dedi lebih tua 30 tahun dari umur Andi? Tunjukkan perhitunganmu!

Pertanyaan Belajar dari Rumah SMA/SMK

Matematika: Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat

KOMPETENSI NUMERASI: Memodelkan fenomena hubungan antara dua besaran dengan menggunakan fungsi kuadrat.

Soal Matematika SMA
Soal Matematika SMA. foto/kemendikbud


Baca juga artikel terkait BELAJAR DARI RUMAH atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight