Menuju konten utama

Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 1-3 SD hingga SMA 4 Mei 2020

Pertanyaan Belajar dari Rumah kelas 1-3 SD hingga SMA 4 Mei 2020 hari ini.

Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 1-3 SD hingga SMA 4 Mei 2020
Logo Belajar dari Rumah. foto/kemendikbud

tirto.id - Program Belajar dari Rumah (BDR) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemi virus corona COVID-19.

Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan.

"Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi," urai Kemendikbud.

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

"Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran virus corona COVID-19."

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 4 Mei 2020

08.00-09.00 WIB Jalan Sesama: Teka-Teki (PAUD)

08.30-09.00 WIB Sahabat pelangi: Juara Sejati (Kelas 1-3 SD)

09.00-09.30 WIB Gemar Matematika: Oeprasi Hitung Bilangan (Kelas 4-6 SD)

09.30-10.00 WIB Kain Batik (SMP)

10.03-10.30 WIB Bekerja Lebih Baik (SMA)

10.30-11.00 WIB Narkotika dan Permasalahan Remaja (Parenting)

19.00-21.00 WIB Film Meraih Mimpi

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 4 Mei 2020

Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 1-3 SD

Sahabat Pelangi: Juara Sejati

KOMPETENSI LITERASI: (1) Menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya; (2) Mengemukakan gagasan secara lisan

1. Tuliskan 3 hal baik yang ditunjukkan oleh teman-teman Wayan dalam membantu persiapan lomba!

2. Bagaimana pendapatmu tentang usaha Wayan dalam berlatih?

3. Teman-teman Wayan tetap menganggap Wayan juara sejati. Setujukah kamu? Jelaskan alasanmu ya!

Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 4-6 SD

Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Operasi Hitung Bilangan

KOMPETENSI NUMERASI: Mengembangkan pemahaman tentang operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) serta strategi dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat positif.

1. Seekor cacing berada 20 cm di bawah permukaan tanah. Puncak sebuah rumah berada 500 cm dari permukaan tanah. Jika seekor burung berjarak 200 cm di atas puncak rumah, berapa selisih jarak antara burung tersebut dan cacing?

2. Ibu membuat 20 dus kue kering untuk dijual. Setiap dus berisi 9 toples. Kue tersebut akan diantarkan oleh pegawai kepada para pembeli. Setiap pegawai hanya bisa mengantar 12 toples saja. Berapa pegawai yg diperlukan untuk mengantar semua kue tersebut?

3. Dalam sebuah ujian matematika terdapat 30 soal. Jawaban benar bernilai 3, jawaban salah bernilai -2, dan tidak dijawab bernilai -1. Dodi menjawab soal benar 5 kali dari soal salah, dan soal yang tidak dijawab adalah soal nomor 20 dan 26. Berapa jumlah nilai yang didapat Dodi?

Pertanyaan Belajar dari Rumah SMP

Kain Batik

KOMPETENSI LITERASI: Mempresentasikan pendapat secara lisan dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan

1. Kini batik dapat kita jumpai di luar provinsi Jawa. Menurut pendapatmu, apakah filosofi batik di luar Jawa sama dengan batik yang berasal dari Jawa?

2. Terdapat dua corak batik yang dipakai keluarga kerajaan, yaitu Parang dan Truntum. Menurutmu, bagaimana perbedaan falsafah kedua corak batik tersebut?

3. Jika kamu diwariskan keterampilan membatik, bagaimana cara kamu mengajarkan keterampilan batik kepada temanmu agar menjadi keterampilan yang diminati?

Pertanyaan Belajar dari Rumah SMA/SMK

Bekerja Lebih Baik

KOMPETENSI LITERASI: (1) Merepresentasikan tanggapan terhadap bacaan menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari bacaan lain dalam bentuk tulisan; (2) Mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi berdasarkan pengetahuan dan data yang dapat dipertanggungjawabkan.

Piers Steel, ahli tingkah laku manusia bilang, 95 dari 100 orang suka menunda pekerjaannya. Padahal, kebiasaan ini bisa menyebabkan kita depresi, lho. Nah, bagaimana cara mengubah kebiasaan menunda ini?

1. Menurutmu apa dampak negatif jika seseorang suka menunda-nunda pekerjaan? Bulan Mei ini, tuliskan jurnal harian tentang rencana dan kegiatanmu sehari-hari. Kamu dapat melihat contohnya dari berbagai sumber dan sesuaikan dengan kegiatanmu.

Teman-teman tentu pernah kesulitan berkonsentrasi pada saat belajar. Ada saja hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasimu. Misalnya, ada telepon dari teman, baca pesan atau email, buka-buka internet, dan lain sebagainya. Dari tayangan tersebut, agar seseorang bisa berkonsentrasi penuh, perlu melakukan “deep work”. Nah, sekarang tulislah jawabanmu untuk pertanyaan berikut.

1. Langkah-langkah apa yang kamu lakukan untuk mempraktikkan deep work? Ceritakan kepada teman-teman atau gurumu!

Baca juga artikel terkait BELAJAR DARI RUMAH atau tulisan lainnya dari Dipna Videlia Putsanra

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH