Simak Sektor Saham yang Bawa Cuan di Tahun Politik 2024

Reporter: Faesal Mubarok, tirto.id - 27 Nov 2023 13:37 WIB
Emiten seperti HMSP, GGRM, WIIM, ICBP dan UNVR diproyeksi bakal mendulang cuan jelang tahun politik 2024.
tirto.id - Pemilihan Umum 2024 akan mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya sektor customer seperti makanan, minuman, alat pembersih hingga obat-obatan. Analis MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana, mengatakan emiten saham di sektor tersebut akan mengalami meroket.

"Sektor konsumer seperti halnya makanan, minuman dan rokok dikarenakan pemilu diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, hal ini karena adanya anggaran pemilu, semisal untuk logistik kampanye dan persiapan pemilu," kata Herditya kepada Tirto, Senin (27/11/2023).

Dia menuturkan sektor saham tersebut akan diuntungkan saat pemilu. Tidak hanya itu, sektor konsumsi pada produk fast moving customer goods (FMCG) juga diprediksi bakal cuan.

Kemudian, dia menuturkan daya beli masyarakat bakal meningkat lantaran efek dari adanya anggaran besar dari pelaksanaan pemilu, seperti biaya kampanye, logistik, honorarium petugas.

Lebih lanjut, dia juga menuturkan masyarakat akan terlibat aktif dalam beberapa kesempatan diskusi politik, rapat umum serta kampanye yang secara langsung memberi efek pada produk-produk tersebut.

Pesta demokrasi, juga berpotensi menaikkan tensi persaingan antar partai politik. Dia menuturkan emiten seperti rokok HMSP, GGRM, WIIM, kemudian emiten FMCG lain seperti ICBP dan UNVR yang dicermati bakal mendulang cuan pada momentum tahun politik.

"Dapat dicermati beberapa emiten seperti HMSP, GGRM, WIIM, kemudian ICBP dan UNVR," kata dia.

Disclaimer: Artikel ini merupakan rekomendasi dan analisis saham dari analis sekuritas yang bersangkutan, bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham tertentu. Tirto tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Apabila akan membeli/menjual saham, pelajari lebih teliti dan tiap keputusan ada di tangan investor.




Baca juga artikel terkait EMITEN atau tulisan menarik lainnya Faesal Mubarok
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Faesal Mubarok
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight