Sejarah Berdirinya FIFA: Induk Organisasi Sepak Bola Internasional

Kontributor: Permadi Suntama, tirto.id - 4 Agu 2022 17:26 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berdirinya organisasi sepakbola internasional FIFA dipelopori oleh Robert Guerin, berikut sejarahnya.
tirto.id - Fédération Internationale de Football Association (FIFA) merupakan induk organisasi sepakbola internasional yang didirikan di Paris pada 21 Mei 1904. Organisasi tersebut didirikan oleh 7 asosiasi sepak bola negara Eropa seperti Belgia, Denmark, Perancis, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Tujuan utama didirikannya FIFA adalah mempromosikan permainan sepak bola, untuk membina hubungan persahabatan antar asosiasi nasional, konfederasi, dan ofisial serta pemain. Selain itu, organisasi tersebut juga bertugas untuk mempromosikan pertandingan sepak bola pada semua tingkatan.

Saat ini FIFA memiliki 211 asosiasi nasional sebagai anggota dan memiliki kantor utama di Zurich, Swiss. FIFA juga secara rutin menggelar Piala Dunia sebanyak 1 kali dalam 4 tahun sejak 1930, meski sempat absen di edisi 1942, dan 1946 akibat kondisi dunia yang dilanda perang.


Sejarah Berdirinya FIFA

Dikutip dari situs web resmi FIFA, organisasi tersebut resmi didirikan pada 21 Mei 1904, dengan dipelopori oleh wartawan olahraga Robert Guerin. Dia juga terpilih sebagai presiden FIFA pertama dan menjabat selama 2 tahun pada 1904-1906.

Robert Guerin, yang merupakan wartawan olahraga untuk surat kabar La Matin, banyak terlibat dalam aktivitas sepak bola karena profesinya, sebelum menjadi presiden FIFA. Dia pun mengumpulkan 7 asosiasi sepak bola di Eropa untuk membuat Undang-Undang Dasar dan statuta FIFA.

7 asosiasi sepak bola nasional yang terdiri dari Belgia, Denmark, Perancis, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss, pun menyepakati Undang-Undang Dasar Organisasi, serta statuta FIFA yang pertama. Hal tersebut diperlukan untuk mewadahi banyaknya pertandingan sepak bola internasional yang mulai populer di tahun 1920an.

Dilansir dari situs web resmi Asosiasi Sepak Bola Amerika Serikat (USA Soccer), sebagai otoritas administratif tertinggi sepak bola, FIFA mengatur semua aspek mulai dari aturan bermain, mengawasi transfer pemain internasional, menetapkan standar wasit, pembinaan, pembangunan infrastruktur sepak bola di seluruh dunia.

Selain itu, FIFA juga bertanggung jawab untuk mengembangkan sport sains, serta menyelenggarakan kompetisi sepak bola internasional seperti Piala Dunia. Di tahun 2022 kejuaraan tersebut akan digelar di Qatar pada November-Desember 2022.


Sejarah Piala Dunia FIFA

Piala Dunia sepak bola pertama kali digelar oleh FIFA pada tahun 1930 di Uruguay. Pada edisi pertama hanya ada 13 tim yang berpartisipasi antara lain Uruguay (tuan rumah), Argentina, Cile, Perancis, Meksiko, Yugoslavia, Brasil, Bolivia, Rumania, Peru, Amerika Serikat, Paraguay, dan Belgia.

Pada edisi tersebut, sejumlah tim kuat di zaman itu menolak berpartisipasi karena berbagai alasan, terutama kondisi ekonomi di Eropa yang terpuruk setelah Perang Dunia 1.

Akibatnya, Belanda, Italia, Spanyol, dan Swedia, yang sempat mengajukan diri sebagai tuan rumah memilih tidak berpartisipasi. Hal yang sama juga dilakukan Ceko, Jerman, Hungaria, dan Austria, serta Inggris yang sudah lebih dulu keluar dari anggota FIFA.

Terlepas dari berbagai masalah yang terjadi, Piala Dunia 1930 tetap diselenggarakan dan Uruguay, yang merupakan negara tuan rumah berhasil menjadi juara Piala Dunia pertama setelah mengalahkan Argentina di final. Sejak saat itu, Piala Dunia FIFA rutin diselenggarakan, kecuali tahun 1942, dan 1946 yang batal digelar sebagai dampak Perang Dunia 2.

Dalam 21 penyelenggaraan Piala Dunia FIFA, Brasil menjadi tim paling sukses dengan 5 kali menjadi juara. Sementara Italia, dan Jerman, sama-sama meraih 4 gelar. Pada edisi terakhir yang berlangsung di tahun 2018, Perancis berhasil menjadi juara dan merupakan gelar ke-2 mereka

Selain Piala Dunia FIFA, organisasi sepak bola tersebut juga menyelenggarakan kejuaraan sepak bola internasional dari berbagai kategori seperti Piala Dunia Wanita, Piala Dunia U20, U17, Piala Dunia Wanita U20, dan U17. Tidak hanya menyelenggarakan sepak bola lapangan besar, FIFA saat ini juga bertanggung jawab atas sepak bola pantai, dan futsal.


Baca juga artikel terkait FIFA atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight