Sedikit Tentang Museum

Oleh: Petrik Matanasi - 23 Juni 2016
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, museum adalah gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian umum, seperti peninggalan sejarah, seni, dan ilmu; tempat menyimpan barang kuno.
tirto.id - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, museum adalah gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian umum, seperti peninggalan sejarah, seni, dan ilmu; tempat menyimpan barang kuno.

Museum berasal dari kata mouseion (Yunani). Isitilah museu merujuk pada nama kuil untuk sembilan Dewi Muses. Anak dari Dewa Zeus. Dewi Muses melambangkan ilmu dan kesenian. Museum biasanya terkait dengan koleksi barang-barang antik atau seni. Museum biasanya memiliki perpustakaan.

Museum berkembang seiring berkembangnya ilmu pengetahuan. Sementara manusia semakin membutuhkan bukti-bukti otentik terkait dengan sejarah. Koleksi museum bisa bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi keunikan dan sejarah masyarakat tertentu dan dokumentasi pemikiran yang berguna bagi masa depan. Benda-benda yang disimpan biasanya merupakan karya seni, fosil (sisa mahluk hidup yang membatu), artefak (alat hasil kebudayaan), manuskrip dan lain sebagainya.

Mulanya, bisa jadi sebuah museum adalah tempat untuk menyimpan koleksi milik individu, keluarga atau institusi kaya. Lalu tempat itu berkembang dan banyak dikunjungi. Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 tahun 2015 tentang museum pasal 3 ayat 1: Pemerintah, Pemerintah Daerah, Setiap Orang, dan Masyarakat Hukum Adat dapat mendirikan Museum.

Baca juga artikel terkait MUSEUM atau tulisan menarik lainnya Petrik Matanasi
(tirto.id - )

Reporter: Petrik Matanasi
Penulis: Petrik Matanasi
Editor: Petrik Matanasi
DarkLight