Rangkuman Materi Microsoft PowerPoint dan Cara Menjalankan Program

Kontributor: Chyntia Dyah Rahmadhani - 13 Jan 2022 12:59 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Rangkuman materi Microsoft PowerPoint dan cara menjalankan program PowerPoint serta membuat animasi untuk presentasi.
tirto.id - PowerPoint adalah salah satu program presentasi yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk slideshow melansir dari Modul Guru Pembelajaran : Pemanfaatan Aplikasi Ms.PowerPoint dan Multimedia.

Sementara itu, dalam Modul Teknologi Informasi dan Komunikasi, dijelaskan bahwa Program PowerPoint adalah sebuah perangkat lunak (software) aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bahan serta membuat tampilan di layar silih berganti dan atraktif, seperti proyektor.

Tab menu dalam PowerPoint 2007 seluruhnya berjumlah tujuh, yaitu Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review, dan View yang masing-masing memiliki fungsi berbeda dalam pembuatan slide.

Cara menjalankan program PowerPoint.

1. Klik Menu Start pada taskbar, kemudian sorot All Program dan pilih Microsoft Office, lalu pilih Microsoft Office PowerPoint 2007.

2. Jendela Microsoft PowerPoint 2007 akan terbuka, dan berisi menu, tools, dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu.

3. Apabila presentasi telah selesai dibuat langkah-langkah yang dapat dilakukan dengan dua cara yaitu cara pertama, klik pada office button, kemudian pilih dan klik Exit PowerPoint. Atau dengan menggunakan cara kedua, klik ikon close windows (x) pada size button kemudian klik ikon close (x) pada Title Bar.

Anda juga dapat menambahkan hyperlink dalam Microsoft PowerPoint 2007. Fasilitas ini berguna untuk menghubungkan slide satu dengan yang lainnya atau antara dokumen PowerPoint 2007 dengan dokumen aplikasi lain sehingga akan memperjelas presentasi.

Keunggulan menggunakan program PowerPoint adalah dapat menambahkan animasi sehingga tampilan presentasi menjadi menarik.

Animasi dalam PowerPoint terbagi dalam empat jenis, yaitu:

  • Entrance, adalah animasi untuk menampilkan objek.
  • Emphasis, adalah animasi tambahan setelah objek muncul. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk memberi tambahan penekanan animasi setelah objek muncul.
  • Motion Path, adalah animasi untuk menggerakkan objek. Misalnya ke kiri, kanan, ke atas maupun ke bawah. Jarak pergerakan objek dapat diatur misalnya satu satuan, dua satuan, tiga satuan dan lain-lain. Lintasan pergerakan objek misalnya lengkung atau lurus.
  • Exit, digunakan untuk menghilangkan objek setelah objek tersebut tampil pada tampilan PowerPoint.


Presentasi di depan orang banyak tentu tidak mudah bagi sebagian orang. Terdapat langkah-langkah untukpresentasi menggunaan Microsoft PowerPoint, yaitu:

  • Menyampaikan poin-poin tanpa cerita;
  • Mencetak slide presentasi sebagai handout;
  • Hindarilah presentasi yang membosankan;
  • Menyisipkan objek audio dan video pada presentasi;
  • Hindarilah hal-hal yang dapat mengaburkan informasi penting;
  • Hindarilah cara menerangkan yang menyulitkan pembacaan;
  • Mengukur lama presentasi berdasarkan jumlah slide;
  • Hindarilah presentasi yang berlindung di balik komputer.


Untuk mempermudah kegiatan presentasi, penyaji dapat mencetak handout. Handout merupakan cetakan slide berupa hard copy (cetakan dalam kertas) sehingga memberikan kemudahan dan melengkapi presentasi.

Tujuannya untuk memberikan kepada audiens mengenai tambahan latar belakang dan referensi penting lainnya yang tidak ditampilkan pada slide presentasi.


Baca juga artikel terkait MICROSOFT POWERPOINT atau tulisan menarik lainnya Chyntia Dyah Rahmadhani
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Chyntia Dyah Rahmadhani
Penulis: Chyntia Dyah Rahmadhani
Editor: Yantina Debora

DarkLight