Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Kulit Hingga Diet

Oleh: Rachma Dania - 18 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Manfaat berpuasa: diet sehat hingga mengatasi darah tinggi
tirto.id - Di dalam Agama Islam, ada berbagai macam jenis puasa baik wajib maupun sunah, salah satunya adalah puasa Senin dan Kamis. Sebuah hadis yang dijelaskan oleh Abu Hurayrah (RA) mengatakan bahwa Rasulullah berkata “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.”

Selain mendapat pahala, puasa Senin Kamis ternyata juga membawa berbagai macam manfaat lain yang berkaitan dengan kesehatan tubuh.

Manfaat berpuasa: diet sehat hingga mengatasi darah tinggi

1. Membersihkan racun dalam tubuh

Puasa itu sendiri merupakan cara yang terbaik untuk membersihkan racun yang tertumpuk di dalam tubuh ataupun racun yang baru masuk melalui makanan yang terkontaminasi. Karena ketika berpuasa, zat beracun yang tersimpan berpindah ke hati dalam jumlah besar.

2. Menurunkan berat badan

Penelitian terbaru menyarankan puasa intermiten yakni diet 5:2. Dilansir Healthline diet ini merupakan pola diet dengan memakan makanan dengan kalori normal selama lima hari, dan dua hari lainnya cukup dengan 500 hingga 600 kalori. Pola diet ini sebenarnya sama dengan puasa Senin Kamis yang dijalankan oleh umat muslim.

Tercantum pada film dokumenter BBC yang berjudul Eat, Fast and Live Longer, disiarkan pada Agustus 2012 bahwa banyak manfaat yang bisa diambil dari diet tersebut. Salah satunya adalah membantu penurunan berat badan, peningkatan umur, peningkatan fungsi kognitif, dan perlindungan terhadap kondisi seperti demensia dan penyakit Alzheimer, serta perlindungan dari penyakit lain.

3. Mengatasi Jerawat

Sebuah studi baru-baru ini oleh Universitas Graz di Austria meneliti dampak besar puasa intermiten pada peningkatan kesehatan secara keseluruhan, termasuk juga kesehatan kulit.

Dr David Jack, seorang dokter kecantikan terkenal yang berbasis di London, mengatakan bahwa puasa dinilai dapat meningkatkan kesehatan usus dan juga menjaga keseimbangan microbiome. Dengan memerangi bakteri jahat tersebut maka peradangan kulit seperti jerawat dan eksim juga bisa dikurangi.

4. Menstabilkan gula darah

Selain itu, Jack juga menyatakan bahwa berpuasa bisa mengakibatkan stabilnya glukosa darah dan sensitivitas insulin.

Dengan stabilnya gula darah maka akan menjauhkan seseorang terkena penyakit yang lebih berbahaya, seperti diabetes, penyakit jatung, obesitas, alzheimer, hingga kerusakan gigi.

5. Mengatasi darah tinggi

Berpuasa juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sebesar 8 persen, menurunkan lemak darah sebesar 30 persen, dan meningkat kolesterol baik sebanyak 14,3 persen

Seperti yang kita ketahui bahwa kadar kolesterol yang seimbang dalam tubuh dapat menjauhkan berbagai macam penyakit seperti darah tinggi, jantung, hingga stroke.


Baca juga artikel terkait PUASA atau tulisan menarik lainnya Rachma Dania
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Rachma Dania
Penulis: Rachma Dania
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight