tirto.id - Belajar dari Rumah (BDR) merupakan program belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di tengah pandemi Coronavirus Disease (COVID-19).
Program ini ditujukan untuk membantu banyak keluarga yang memiliki keterbatasan pada akses internet untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring), sehingga anak-anak memperoleh stimuli untuk terus belajar di rumah masing-masing.
Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 12 Mei 2020
08.00-09.00 WIB Jalan Sesama: Alat Hebat (PAUD)
08.30-09.00 WIB Sahabat pelangi: Khan Academy: Penjumlahan, Perkalian, Pembagian (Kelas 1-3 SD)
09.00-09.30 WIB X-Sains: Bunyi dan Cahaya (Kelas 4-6 SD)
09.30-10.00 WIB Matematika Mantul: Volume dan Luas Bangun Ruang Sisi Datar (SMP)
10.03-10.30 WIB Matematika: Transformasi Geometri Translasi dan Refleksi (SMA)
10.30-11.00 WIB Pentingnya Nutrisi untuk Perkembangan Anak (Parenting)
21.30-23.30 WIB Film: Sarmin
Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 12 Mei 2020
Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 1-3 SD
Khan Academy: Penjumlahan, Perkalian, dan Pembagian
KOMPETENSI NUMERASI: Menyelesaikan masalah berkaitan dengan nilai tempat dan penjumlahan bilangan cacah sampai dengan 1.000, serta operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah
Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 4-6 SD
X-Sains: Bunyi dan Cahaya
KOMPETENSI LITERASI: Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskan kembali dan menanggapi menggunakan pengetahuannya
(VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut:
1. Ali berdiri di sebuah ruang besar dan Budi berdiri di tengah sawah jauh dari kampung. Mereka sama-sama berteriak. Apa yang terjadi? Jelaskan!
2. Apa sifat-sifat cahaya? Berikan masing-masing contohnya!
3. Rina bercermin di depan kaca cermin rias di kamarnya. Bagaimana bentuk dan sifat bayangan Rina pada cermin tersebut? Jelaskan!
Pertanyaan Belajar dari Rumah SMP
Mat Mantul: Volume dan Luas Balok, Prisma, dan Limas
KOMPETENSI NUMERASI: Memformulasikan cara menentukan luas permukaan dan volume bangun berdimensi tiga (balok, prisma, dan limas) dan menggunakan formula tersebut untuk menyelesaikan masalah kontekstual.
Pertanyaan Belajar dari Rumah SMA
Matematika: Transformasi Geometri Translasi dan Refleksi
KOMPETENSI NUMERASI: Melakukan transformasi geometri untuk menunjukkan kekongruenan dan kesebangunan dari bangun datar.
Editor: Agung DH