Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 1-3 SD hingga SMA TVRI 11 Mei

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 11 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Soal Belajar dari Rumah TVRI kelas 1-3 SD hingga SMA 11 Mei hari ini.
tirto.id - Program Belajar dari Rumah (BDR) yang ditayangkan di TVRI merupakan salah satu alternatif belajar yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di tengah pandemi Coronavirus Disease (COVID-19).

Program ini telah membantu banyak keluarga yang memiliki keterbatasan pada akses internet untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring), sehingga anak-anak memperoleh stimuli untuk terus belajar di rumah masing-masing.

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 11 Mei 2020


08.00-09.00 WIB Jalan Sesama: Tumbuh Besar (PAUD)

08.30-09.00 WIB Sahabat pelangi: Karung Terdampar (Kelas 1-3 SD)

09.00-09.30 WIB Gemar Matematika: Operasi Hitung Bilangan Pecahan (Kelas 4-6 SD)

09.30-10.00 WIB Polusi Air di Sekitar Kita (SMP)

10.03-10.30 WIB Tutorial Penulisan Skenario (SMA)

10.30-11.00 WIB Manfaat Bercerita untuk Anak (Parenting)

19.00-21.00 WIB Film Anak: Bumi Tadulako

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 11 Mei 2020


Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 1-3 SD

Sahabat Pelangi: Karung Terdampar

KOMPETENSI LITERASI: Memahami isi tayangan, mengingat kembali inti tayangan, menyampaikan gagasan secara lisan, serta menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya.

1. Apa akibatnya jika Wayan dan Chandra tidak mau mengalah?

2. Mengapa Wayan harus belajar bertanggung jawab?

3. Apa manfaat bekerja sama yang dilakukan Wayan dan teman-temannya?

Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 4-6 SD

Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Operasi Hitung Bilangan Pecahan

KOMPETENSI NUMERASI: Mengembangkan pemahaman operasi hitung bilangan pecahan.

1. Pada awalnya, drum air yang ada di taman rumah hanya berisi air 1/4 bagian. Karena semalam turun hujan lebat, maka isinya sekarang menjadi hampir penuh, yaitu 4/5 bagian. Berapa bagian banyak air hujan yang menambah isi dalam drum tersebut?

2. Jumlah siswa kelas V ada 49 orang. Lima per tujuh bagian sedang berolahraga di lapangan. Dari peserta olahraga itu, 3/5 bagian adalah siswa laki-laki. Berapa banyak siswa perempuan yang berolahraga?

3. Caca mempunyai 3/4 liter air mineral. Ia memberikan kepada Indri 5/8 liter. Kemudian Caca mengambil air mineral dari botolnya sebanyak 5/6 liter. Berapa liter air mineral Caca sekarang?

Pertanyaan Belajar dari Rumah SMP

Polusi Air di Sekitar Kita

KOMPETENSI LITERASI: (1) Mengenali informasi yang akurat dan berdasar fakta; (2) Membuat hipotesis sederhana dalam konteks yang spesifik; (3) Menuliskan pengamatan dan pengalaman secara koheren dan padu menggunakan rujukan secara etis dan metodologi sederhana.

(VO sebelum video): Tidak semua sungai bisa menjadi tempat wisata. Banyak sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah, sehingga warna airnya menjadi cokelat bahkan kehitaman. Itulah yang kemudian menimbulkan polusi air. Mari kita tonton apa yang menyebabkan terjadinya polusi air.

1. Pertanyaan di akhir Segmen 1 (0:00-6:52): Polusi air terjadi karena campur tangan manusia. Jelaskan tiga contoh aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya polusi air!

2. Pertanyaan di akhir Segmen 2 (8:11-15:30): Usaha apa yang kamu lakukan jika di lingkungan sekitarmu ditemukan polusi air?

3. Pertanyaan di akhir Segmen 3 (16:58-24:57): Tuliskan urutan langkah prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor dengan tepat!

Pertanyaan Belajar dari Rumah SMA

Tutorial Penulisan Skenario

KOMPETENSI LITERASI: Mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi berdasarkan pengetahuan dan data yang dapat dipertanggungjawabkan.

(VO sebelum video) Adakah teman-teman yang ingin menjadi penulis skenario atau sekadar ingin meningkatkan kemampuan sebagai penulis? Edy Cahyono, sutradara sekaligus penulis skenario film “Siti”, berbagi pengetahuan tentang cara menulis sebuah skenario film.

Pertanyaan di akhir Segmen 1 (0:00-10:37):
1. Jelaskan premis dari cuplikan film pendek tersebut!

2. Ceritakan turning point atau titik balik kedua dalam film tersebut!

Pertanyaan di akhir Segmen 2 (10:38-selesai):
1. Peristiwa apa yang membuat klimaks dalam film tersebut?

2. Berdasarkan format film yang telah dijelaskan dalam tayangan tadi, kalau kalian ingin membuat film berdurasi 60 menit, berapa halaman skenario film sebaiknya dibuat? Berikan penjelasan!


Baca juga artikel terkait BELAJAR DARI RUMAH atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight