Belajar dari Rumah TVRI Kelas 1-3 SD hingga SMA Hari Ini 8 Mei 2020

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 8 Mei 2020
Dibaca Normal 2 menit
Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI Kelas 1-3 SD hingga SMA 8 Mei hari ini.
tirto.id - Belajar dari Rumah TVRI merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena masa pandemi virus corona COVID-19.

Program Belajar dari Rumah meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan.

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Kemendikbud mengimbau siswa dan orang tua untuk tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Jadwal TVRI Belajar dari Rumah, Jumat 8 Mei 2020


08.00-08.30 WIB Jalan Sesama: Main Musik Yuk (PAUD dan sederajat)

08.30-09.00 WIB Sahabat Pelangi: Kabar Kabur (SD Kelas 1-3 dan sederajat

09.00-09.30 WIB Gemar Matematika: Faktor dan Kelipatan Bilangan (SD Kelas 4-6 dan sederajat)

09.30-10.00 WIB Taman Nasional Betung Kerihun (SMP dan sederajat)

10.00-10.30 WIB Astronomi (SMA dan sederajat)

10.30-11.00 WIB Keluarga Indonesia: Stres Pada Anak dengan Anak (Parenting)

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI Kelas 1-3 SD hingga SMA


Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI Kelas 1-3 SD Hari Ini

Sahabat Pelangi: Kabar Kabur

KOMPETENSI LITERASI: (1) Menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya; (2) Mengemukakan gagasan secara lisan.

1. Apa yang dilakukan Wayan, Chandra, dan Nisa ketika menerima informasi yang belum jelas kebenarannya tentang Martha?

2. Pernahkah kamu membantu temanmu, seperti yang dilakukan Wayan dan Chandra kepada Teteh Dewi? Tuliskan pengalamanmu!

3. Bagaimana pendapatmu tentang berita yang belum jelas kebenarannya?

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD Hari Ini

Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Faktor dan Kelipatan Bilangan

KOMPETENSI NUMERASI: Menerapkan pemahaman tentang faktor-faktor umum dan kelipatan bersama untuk memecahkan masalah.

1. Berapa jumlah dari perkalian semua faktor 12 dan 15?

2. Wati mempunyai 12 buah jeruk, 16 buah apel, dan 20 buah jambu. Semua makanan tersebut akan dibagikan kepada teman-temannya dengan jumlah sama banyak. Menurut Wati, dengan buah-buahan sebanyak itu, ia bisa membagikannya kepada 5 orang temannya tanpa bersisa. Apakah kamu setuju dengan perkataan Wati? Jelaskan alasanmu!

3. Guru kelas rendah mendapat tugas piket setiap 2 hari, guru kelas tinggi mendapat tugas piket setiap 4 hari, guru olahraga mendapat tugas piket setiap 5 hari. Pada tanggal 18 April 2020, mereka piket bersama. Apakah mungkin mereka akan piket bersama kembali di bulan April 2020? Jelaskan alasanmu!

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI SMP Hari Ini

Taman Nasional Betung Kerihun

KOMPETENSI LITERASI: Menuliskan pengamatan dan pengalamannya secara koheren dan padu menggunakan rujukan secara etis dan metodologi sederhana.

(VO awal video): Teman-teman, tahukah kamu bahwa hutan Indonesia dijuluki sebagai paru-paru dunia? Hutan-hutan tropis seperti hutan Amazon di Brasil, hutan di Kongo, dan di Indonesia merupakan penghasil oksigen terbesar di dunia dan menyimpan karbon dioksida. Hutan tropis kita perlu sekali dilestarikan. Bayangkan, tanpa hutan-hutan ini, kita akan kesulitan bernafas! Hutan ini juga sangat indah. Kita lihat yuk seperti apa!

(VO awal video): Wah indah sekali yah Taman Nasional Betung Kerihun. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk kita dengarkan penjelasannya berikut ini! Pertanyaan di akhir video:

1. Hutan tropis Kalimantan memiliki keragaman hayati yang besar. Setujukah kamu? Berikan pendapatmu!

2. Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar, apa yang akan terjadi dengan ekosistem di sekelilingnya?

3. Mengapa penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai?

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI SMA/SMK Hari Ini

Astronomi

KOMPETENSI LITERASI: (1) Mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi berdasarkan pengetahuan dan data yang dapat dipertanggungjawabkan; (2) Memahami kata serapan dari bahasa daerah dan bahasa asing terkait tema yang abstrak atau kompleks (3) Merepresentasikan tanggapan terhadap bacaan menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari bacaan lain dalam bentuk tulisan.

(VO di akhir video): Setelah menyaksikan tayangan tersebut, tahukah teman-teman siapa pengguna teleskop yang pertama? Benar, Galileo Galilei pada tahun 1609. Dengan adanya teleskop maka objek di luar angkasa menjadi lebih mudah diamati. Adakah di antara teman-teman yang berminat jadi astronaut dan ingin menjelajahi luar angkasa? Mari simak tayangan berikut ini! Pertanyaan di akhir video:

Jelaskan bagaimana cara astronaut tetap dapat beraktivitas di luar angkasa!

(VO di akhir video): Bagus ya, tayangan video tersebut. Teman-teman jadi mengetahui bahwa ada meteor yang hancur dan tidak hancur ketika bertabrakan dengan bumi. Pertanyaan: Tuliskan makna atau arti kata-kata berikut: meteor, atmosfer, bumi, planet, dan heat shield. Setelah kamu mengetahui artinya, buatlah kalimat dengan kata-katamu sendiri.

(VO di akhir video (7)): Dari tayangan tadi, teman-teman jadi mengetahui ya bintang-bintang yang ukurannya lebih besar daripada matahari. Teman-teman juga sudah mengetahui mengapa bintang bisa bersinar dan bagaimana lubang hitam bisa terbentuk.

Pertanyaan: Bagaimana proses matahari bisa bersinar di siang hari dan bulan bersinar di malam hari? Tuliskanlah jawabanmu dengan menggali informasi dari berbagai sumber! Jangan lupa untuk menuliskan pula sumbernya.


Baca juga artikel terkait BELAJAR DARI RUMAH atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight