Liga 1 2019

Persib Gugup Hadapi Tekanan Suporter Persija di Babak Pertama

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 10 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Rene Robert Alberts, pelatih Persib mengaku para pemainnya sempat gugup karena tekanan suporter Persija di babak pertama, sehingga bermain tidak sesuai instruksi.
tirto.id - Pelatih Persib, Robert Alberts mengakui kalau para pemainnya masih perlu belajar mengatasi tekanan dari suporter lawan di atas lapangan. Hal ini terbukti pada laga lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (10/7/2019) sore ketika Maung Bandung bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Persija.

Akibat kegugupan tersebut, sepanjang babak pertama, Persib justru mengandalkan bola-bola panjang. Padahal, hal ini tidak diharapkan Alberts sejak awal.

“Babak pertama, sejujurnya kami tidak berencana untuk memainkan long-ball, tapi mungkin karena pemain nervous [gugup] jadinya malah seperti itu. Dan di sisi lain Persija bermain impresif [di babak pertama],” tutur Alberts kepada reporter Tirto usai pertandingan.

Pada jeda pertandingan, Alberts mengakui dirinya mencekoki pemain Persib untuk kembali bermain sesuai rencana. Hasilnya, meski sempat tertinggal oleh satu gol Persija lewat Marko Simic, Maung Bandung
tetap bisa mengamankan satu angka berkat gol penyama kedudukan Artur Gevorkyan pada detik-detik akhir pertandingan

“Di babak kedua beberapa kali kami memutuskan melakukan perubahan. Dan hasilnya tidak buruk. Kami lebih percaya diri memegang bola, dan seperti yang kamu bilang, beberapa perubahan posisi mempengaruhi," tambahnya.



Kapten tim Persib, Supardi Nasir mengakui apa yang dikatakan Alberts. Dia lega karena pada akhirnya di babak kedua pemain bisa tampil lebih baik, namun berjanji akan menjadikan lawatan ke GBK sebagai pelajaran untuk laga-laga tandang berikutnya.

“Terutama di babak kedua, kami melakukan apa yang coach inginkan. Mudah-mudahan hasil ini bisa menjadi pelajaran bagi kami,” tuturnya.

Dalam laga Persija vs Persib, sekitar 68.750 suporter memadati GBK. 57.400 di antaranya merupakan penonton yang membeli tiket dari Korwil The Jakmania seluruh Jakarta, sisanya mendapat tiket dari penjualan daring.

Hasil imbang yang didapatkan Persib dari laga ini membuat Maung Bandung naik ke peringkat ke-12 klasemen Liga 1 2019. Mereka mengumpulkan 7 poin, hasil dari satu kemenangan, empat imbang, dan dua kekalahan.

Sementara itu, Persija juga naik satu tingkat ke posisi ke-13, tepat di bawah Persib. Macan Kemayoran mengoleksi enam poin, hasil satu menang, tiga imbang, dan dua kalah. Namun, Persija baru bermain enam kali, sedangkan Persib sudah tampil tujuh kali.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Fitra Firdaus