Perindo Partai Pertama yang Resmi Daftar ke KPU

Oleh: M. Ahsan Ridhoi - 9 Oktober 2017
Berkas pendaftaran Partai Perindo diterima Ketua KPU, Arief Budiman dan Komisioner KPU Hasyim Asyarie melalui proses seremonial singkat.
tirto.id - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan mengatakan, Perindo menjadi partai pertama yang resmi mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019.

Penyerahan berkas Partai Perindo dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP Perindo, Hary Tanoesoedibjo bersama istrinya, Liliana Tanoesoedibjo dan sejumlah pengurus DPP lainnya. Berkas tersebut kemudian diterima oleh Ketua KPU, Arief Budiman dan Komisioner KPU Hasyim Asyarie melalui proses seremonial singkat.

"Kalau [berkas Perindo] lengkap diberikan surat tanda terima, baru di atas tanggal 16 kami lakukan penelitian administrasi,” kata Viryan.

Selain Partai Perindo, kata Viryan, hari ini yang berencana mendaftar adalah Partai Nasdem dan Partai Hanura. "Tapi keduanya belum konfirmasi lagi," kata Viryan.

Viryan juga menjelaskan sudah ada 11 partai yang meng-input di atas 75 persen data daerah mereka di Sipol KPU. 10 parpol belum sampai 75 persen data daerah. Sementara 9 partai masih nol persen.

"Partai peserta Pemilu 2014 sudah ada progresnya. Namun yang di atas 75 persen ini ada partai baru dan partai lama. Harapan kami minggu ini sudah selesai semua ya," kata Viryan.

Hary Tanoe mengatakan, hari ini Partai Perindo di seluruh tingkatan melakukan pendaftaran di seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia. “Yang mendaftar bukan DPP saja, tapi ini serentak oleh DPD yang jumlahnya 514 di seluruh Indonesia," ucap Hary.

Pria yang akrab disapa HT ini bersyukur Perindo menjadi parpol pertama yang mendaftar di KPU sebagai peserta Pemilu 2019. HT juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh kader beserta jajarannya yang telah aktif mempersiapkan pendaftaran ini.

"Terimakasih, kita pendaftar pertama," pungkas dia.

Dalam pendaftaran ini, sejumlah pengurus Partai Perindo melakukan long march bersama dari kantor DPP menuju kantor KPU. Turut serta iring-iringan marching band dan Reog Ponorogo.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya M. Ahsan Ridhoi
(tirto.id - Politik)

Reporter: M. Ahsan Ridhoi
Penulis: M. Ahsan Ridhoi
Editor: Abdul Aziz
DarkLight