Menuju konten utama

Ban Motor Botak Sebelah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ban motor aus merupakan hal wajar. Namun, bagaimana jika ban motor botak sebelah? Apa penyebab ban motor habis sebelah dan bagaimana mengatasinya?

Ban Motor Botak Sebelah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
ilustrasi ban motor botak sebelah. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Ban secara normal akan mengalami keausan seiring dengan pemakaian kendaraan untuk berkendara. Seiring waktu, permukaan ban akan menjadi halus sehingga tampak botak.

Namun, dalam kasus tertentu ditemukan ban motor botak sebelah. Jika ban motor terlihat botak sebelah, pemilik kendaraan sebaiknya tidak memandangnya sebagai hal lumrah. Keausan tersebut dipicu oleh komponen motor yang tidak bekerja optimal.

Penyebab ban motor habis sebelah memiliki beberapa faktor pemicu. Pemilik motor perlu menemukannya untuk kemudian mengambil langkah solutif. Sila simak penyebab dan cara mengatasi ban motor habis sebelah di artikel ini.

Penyebab Ban Motor Botak Sebelah

Ban motor habis sebelah yang dapat terjadi pada kendaraan jenis apa pun. Motor matic, motor bebek, maupun kopling, sangat mungkin mengalami masalah pada komponennya sehingga membuat tapak ban luar lebih menempel di salah satu sisi saja. Akibatnya, gaya gesek hanya terjadi pada salah satu sisi yang memunculkan kasus ban motor botak sebelah karena aus.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab ban motor habis sebelah meliputi:

1. Shockbreaker mengalami aus

Shockbreaker seharusnya berfungsi optimal di sisi kanan dan kiri. Jika salah satunya bermasalah, kinerjanya tidak akan seimbang antara sisi kanan dan kiri saat motor dikendarai.

2. Suspensi tidak seimbang

Suspensi atau peredam kejut yang tidak ter-setting seimbang turut menyebabkan ban gundul sebelah. Ketidakseimbangan letak suspensi ini umumnya karena kebocoran seal yang menjadikan oli di dalamnya rembes.

3. Kondisi pelek tidak presisi

Pelek atau velg motor yang condong ke salah satu sisi membuat tekanan dominan dialami di sisi situ saja. Inilah yang menjadikan ban motor botak sebelah dalam waktu lama.

4. Tekanan ban tidak sesuai rekomendasi

Tekanan ban turut memengaruhi keausan. Saat tekanan ban terlalu tinggi, keasuan akan terjadi di bagian tengah dengan lebih cepat. Apabila tekanan terlalu rendah, keausan ban lebih cepat terjadi di sisi tepi.

5. Pembengkokan segitiga motor

Segitiga motor berguna menyangga suspensi. Jika bentuknya bengkok, posisi ban tidak lagi lurus dan presisi. Hal itu pun membuat beban yang diterima tidak seimbang sehingga lama kelamaan membuat ban motor botak sebelah.

6. Kebiasaan buruk pengguna

Penggunaan sepeda motor yang ugal-ugalan dapat pula membuat ban motor botak sebelah. Contohnya motor dipakai untuk spinning atau membuka gas secara tiba-tiba dengan bukaan dalam.

7. Masalah pada bearing

Bearing atau laher yang rusak akan membuat putaran roda tidak stabil. Ban cenderung manapak di salah satu sisi sehingga membuat ban motor habis sebelah.

8. Ban luar tidak sering dicuci

Ban luar adalah komponen motor yang langsung terpapar dengan berbagai zat kimia di jalanan. Misalnya bensin, air sabun, cat, dan sebagainya. Paparan bahan kimia dapat pula mengikis karet ban dan membuat halus.

9. Sering memakai standar samping

Pemakaian standar samping yang terlalu sering turut memiliki andil dalam mengauskan ban motor di sisi samping. Pasalnya, motor akan condong terutama ke sisi kiri.

Cara Mengatasi Ban Motor Gundul Sebelah

Penyebab ban motor gundul sebelah paling banyak berkaitan dengan suspensi, termasuk shockbreaker. Faktor lainnya juga bisa memengaruhi tetapi efeknya tidak secepat aspek suspensi. Oleh sebab itu, cara mengatasi ban motor habis sebelah umumnya berfokus pada suspensi di samping juga memperbaiki bagian lainnya. Untuk mengetahui selengkapnya, simak penjelasan berikut.

1. Pastikan posisi suspensi seimbang

Suspensi yang berada dalam posisi seimbang di kanan-kiri akan membuat tekanan pada ban fokus di tengah. Proses keausan karena berkendara terjadi merata dan tidak jatuh di salah satu sisi.

2. Periksa oli shockbreaker tidak rembes dan kadar oli normal

Shockbreaker dibekali oli di dalamnya guna meredam kejut. Jika oli rembes akibat seal rusak, kerjanya tidak lagi optimal dan berpotensi terjadi ketidakseimbangan suspensi di kanan-kiri. Periksa komponen tersebut dan pastikan kadar olinya cukup dan tidak rembes lagi.

3. Ganti segitiga motor yang bengkok

Segitiga motor yang menjadi tempat meletakkan suspensi perlu diganti jika bengkok. Langkah ini diperlukan agar posisi suspensi kanan-kiri seimban sehingga menghindari risiko ban motor botak sebelah.

4. Ganti bearing jika rusak

Penggantian bearing yang rusak akan mengembalikan lagi keseimbangan ban saat dikendarai. Hal ini mencegah keausan ban motor hanya di sisi sebelah.

5. Ubah kebiasaan menggunakan sepeda motor

Berbagai kebiasaan yang memiliki andil dalam membuat ban motor gundul sebelah harus diubah. Contohnya, tidak terlalu sering memakai standar samping, tidak melakukan aksi spinning, mengisi ban motor dengan tekanan yang direkomendasikan pabrik, hingga membersihkan ban motor secara rutin.

Baca juga artikel terkait OTOMOTIF atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Otomotif
Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Fadli Nasrudin