Penerimaan Mahasiswa Baru 2019/2020, SIMAK UI Pakai Ujian Esai

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 14 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pendaftaran SIMAK UI dimulai pada 10 Juni 2019. Salah satu materi ujian SIMAK adalah esai untuk mengukur kemampuan softskill.
tirto.id - Universitas Indonesia (UI) membuka penerimaan mahasiswa baru jenjang Strata 1 (S1) dan Sekolah Vokasi tahun akademik 2019/2020.

Untuk jalur masuk S1 Reguler, terbagi menjadi dua, yaitu seleksi nasional, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta seleksi mandiri melalui SIMAK UI.

Jadwal pendaftaran penerimaan mahasiswa baru 2019 jalur masuk SIMAK UI akan dibuka pada 10 Juni 2019.

Sebagaimana dikutip dari situs web resmi UI, materi seleksi SIMAK UI adalah menulis esai (mengukur kemampuan softskill) dan kemampuan dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris).

Untuk semua jurusan ditambah dengan Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia (Kemampuan IPA) atau Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi(Kemampuan IPS).

Materi Seleksi SIMAK UI – Kelas Internasional adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science) dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science).

Menurut akun Twitter SIMAK UI, untuk pelaksanaan ujian esai SIMAK, peserta akan diminta untuk menulis esai dengan bolpoin tinta hitam.

"Peserta akan diminta untuk menulis esai yang bertujuan mengukur motivasi dan softskill (nilai-nilai positif peserta. Ketentuan menulis esai hanya menggunakan bolpoin warna hitam dengan batas waktu 45 menit," tulis SIMAK di akun @SIMAK_UI.

Selain beberapa hal mengenai pelaksanaan SIMAK di atas, UI juga mengimbau calon mahasiswa baru untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Jalur Masuk S1 Reguler UI 2019 adalah melalui Seleksi Nasional (SNMPTN & SBMPTN) serta SIMAK UI.
  2. Jalur Masuk S1 Paralel, S1 Kelas Internasional dan Vokasi UI 2019 adalah melalui PPKB/Talentscouting dan SIMAK UI.
  3. Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Reguler UI adalah 40 persen (melalui SBMPTN) ; 30 persen (SNMPTN) dan 30 persen (Seleksi Mandiri melalui SIMAK UI).
  4. Kuota Jalur Penerimaan untuk Vokasi UI adalah 30 persen (melalui SIMAK UI) dan 70 persen (PPKB).
  5. Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Paralel UI adalah 50 persen (melalui SIMAK UI) dan 50 persen (PPKB).
  6. Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Kelas Internasional UI adalah 60 persen (melalui SIMAK UI) dan 40 persen (Talentscouting UI).
  7. Jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 jalur masuk SNMPTN dan PPKB/Talentscouting UI akan dibuka pada 4 Februari 2019.
  8. Jadwal Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 jalur masuk SBMPTN akan dibuka pada 1 Maret 2019.
  9. Jadwal Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 jalur masuk SIMAK UI akan dibuka pada 10 Juni 2019.
  10. Materi ujian pada SBMPTN adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) – mengukur kemampuan kognitif seperti kemampuan penalaran dan pemahaman umum dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) – mengukur Pengetahuan dan Pemahaman Keilmuan yang diajarkan di sekolah.
Untuk Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan jadwal seleksi, bisa diakses melalui tautan berikut: Penerimaan UI, SIMAK UI atau di laman http://snmptn.ac.id/.


Baca juga artikel terkait SBMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight