Penelusuran Terpopuler Google 2018, Piala Dunia Hingga Liga 1

Oleh: Sirojul Khafid - 26 Desember 2018
Dibaca Normal 2 menit
Piala Dunia Russia 2018 menjadi penelusuran terpopuler di internet tahun ini.
tirto.id - Piala Dunia Russia 2018 menjadi penelusuran terpopuler di Google tahun ini. Pesta sepak bola sejagad tersebut sukses dilaksanakan dengan Russia sebagai tuan rumah. Perancis keluar sebagai juara setelah mengalahkan Kroasia dalam laga final. Selain Piala Dunia Russia 2018, pencarian terpopuler juga memunculkan gelaran Asian Games 2018, Piala AFF 2018 sampai Liga 1 Indonesia 2018.

Berikut rincian penulusuran terpopuler di dunia maya selama 2018.

1. Piala Dunia Russia 2018

Piala Dunia yang diadakan di Russia bertempat di dua belas stadion, yaitu Luzhniki Stadium, Otkrytiye Arena (Spartak Stadium), Kazan Arena, Samara Arena (Cosmos Arena), Mordovia Arena, Rostov Arena, Fisht Olympic Stadium, Ekaterinburg Arena, Volgograd Arena, Nizhny Novgorod Stadium, Kaliningrad Stadium, dan Saint-Petersburg Stadium.

Pagelaran empat tahunan yang diselenggarakan oleh FIFA ini berlangsung dari tanggal 14 Juni sampai 15 Juli 2018. Piala Dunia Russia 2018 merupakan pagelaran ke-21 sejak pertama kali diselenggerakan tahun 1930 di Uruguay. Tuan rumah keluar sebagai juara saat itu.

2. Asian Games 2018

Asian Games 2018 yang merupakan pesta olahraga sebenua Asia diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus-2 September 2018. Untuk pertama kalinya, Asian Games bertempat di dua kota, yaitu Jakarta dan Palembang. Sebelumnya, hanya satu kota di tiap negara penyelenggara. Selain itu, untuk pertama kalinya juga Korea Selatan dan Korea Utara berada dalam satu bendera mengirimkan atletnya. Dalam gelaran empat tahunan ini, Ada 42 cabang olahraga yang dilombakan. China menjadi juara umum setelah mendapatkan 132 medali emas.

3. Piala AFF 2018

Kejuaraan ASEAN Football Fadaration (AFF) 2018 berlangsung dari 8 November sampai 15 Desember 2018. Tempat pertandingan berada di tiap-tiap stadion negara peserta. Vietnam keluar sebagai juara AFF setelah mengalahkan Malaysia di laga final.

Penghargaan pemain terbaik diberikan kepada Nguyen Quang Hai dari Vietnam. Pencetak gol terbanyak diberikan kepada Adisak Kraisorn dari Thailand. AFF merupakan kompetisi sepakbola yang diselenggarakan dua tahun sekali.

4. Karna Su Sayang

“Karna Su Sayang” adalah lagu yang dipopulerkan oleh Dian Sorowea berkolaborasi dengan Near. Beberapa baris lirik lagu tersebut mengandung unsur bahasa daerah, dari Maumere, Nusa Tenggara Timur yang merupakan tempat tinggal Dian. Sejak akun YouTube fenomenear mengunggah lagu ini, sudah lebih dari 83 juta kali video ini tayang.

Banyak musisi dari berbagai genre yang membuat ulang lagu ini, salah satunya video yang diunggah di akun youtube Aviwkila, yang telah mencapai lebih dari 36 juta kali tayang.

5. Nissa Sabyan

Khairunisaa atau lebih dikenal dengan nama Nissa Sabyan adalah penyanyi gambus yang tergabung dalam grup musik Sabyan. Mereka sering membawakan lagu bernuansa islami, seperti “Deen Assalam,” “Allahumma Labbaik,” “Ya Maulana” dan lainnya.

Dalam akun YouTube Official Sabyan Gambus, salah satu lagu mereka, “Ya Maulana” sudah tayang lebih dari 198 juta kali. Dalam ajang penghargaan Anugerah Syiar Ramadhan 1439 H/ 2018, Nissa Sabyan menjadi pemenang dalam kategori grup musik atau penyanyi.

6. Deen Assalam

"Deen Assalam" merupakan salah satu lagu yang dipopulerkan Nissa Sabyan dan grup musiknya. Lagu bernuansa islami ini diunggah dalam akun YouTube Official Sabyan Gambus. Sejak diunggah tanggal 17 Mei 2018, video ini sudah tayang lebih dari 184 juta kali hingga hari ini.

7. Meraih Bintang-Via Vallen

Lagu Meraih Bintang yang dinyanyikan Via Vallen merupakan lagu official Asian Games 2018 yang diadakan di Indonesia. Lagu bernuansa dangdut ini pertama kali dipublikasi dalam akun YouTube 18th Asian Games 2018.

Sejak diunggah pada 30 Juni 2018, video ini telah tayang lebih dari 114 juta kali hingga hari ini. Lagu ini juga dinyanyikan dengan berbagai bahasa asing seperti Korea, Arab, India dan lainnya.

8. Lagi Syantik-Siti Badriah

“Lagu Syantik” merupakan lagu dangdut yang dipopulerkan penyanyi Siti Badriah. Lagu tersebut dipublikasikan oleh NAGASWARA Official Video sejak tanggal 22 Maret 2018. Sejak diunggah, video tersebut sudah tayang lebih dari 438 juta kali hingga hari ini.

Video musik ini juga pernah menempati tanggal lagu Billboard YouTube pada peringkat ke-12. Tangga lagu Billboard Youtube adalah urutan video musik populer yang ada di YouTube.

9. Bukti–Virgoun

“Bukti” adalah lagu yang dipopulerkan oleh Virgoun. Sebelum bernyanyi solo, Virgoun merupakan vokalis dari grup band Lastchild. Lagu “Bukti” diunggah di akun youtube Lastchild pada 19 September 2018. Sejak diunggah, video ini telah tayang lebih dari 204 juta kali hingga hari ini.

10. Liga 1 Indonesia 2018

Liga 1 Indonesia merupakan kasta tertinggi dari kompetisi sepak bola tanah air. Ada 18 klub yang bertanding, yaitu Arema FC, Bali United FC, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United FC, Mitra Kukar FC, Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Perseru, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, PS Barito Putera, PS Tira, PSIS Semarang, PSM Makasar, PSMS Medan, dan Sriwijaya FC.

Dalam kompetisi ini, Persija Jakarta keluar sebagai juara. Tiga posisi terbawah, atau klub yang terdegradasi yaitu PSMS Medan, Sriwijaya FC dan Mitra Kukar.


Baca juga artikel terkait GOOGLE TRENDS atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight