Resep Paling Dicari di Indonesia Selama 2020 versi Google Trends

Oleh: Desika Pemita - 13 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
3 resep paling dicari di Indonesia selama tahun 2020 versi Google Trends: ada Odading.
tirto.id - Tahun 2020 dianggap sebagai salah satu tahun paling berat bagi dunia, dengan munculnya virus corona atau COVID-19 yang telah memakan korban. Meski begitu, kenangan mengenai tahun ini tetap akan tersimpan.

Tahun 2020 akan berakhir, bulan Desember dianggap sebagai penutup. Segala hal yang terjadi selama tahun ini kerap kali dibahas di akhir tahun, mulai dari tren baju, tata rias, hingga film.

Makanan atau minuman pun juga sering menjadi pembicaraan masyarakat. Setiap tahun, terdapat makanan yang tengah menjadi tren.

Tahun ini, ada beberapa kuliner yang kerap kali menghiasi media sosial atau jadi trending topic hingga Google Trend. Berikut daftarnya:

1. Donat

Donat
Donat. FOTO/IStockphoto


Donat menjadi salah satu makanan yang cukup panjang tercatat dalam sejarah.

Dilansir Smithsonianmag, para arkeolog terus menemukan potongan-potongan fosil makanan berbentuk seperti donat di tengah-tengah permukiman penduduk asli Amerika.

Tapi kata donat yang tepat konon datang ke Manhattan dengan nama Belanda olykoeks atau "kue berminyak".

Di pertengahan abad ke-19, Elizabeth Gregory, ibu kapten kapal New England, membuat adonan goreng yang dengan cerdik menggunakan rempah-rempah pala dan kayu manis.

Beberapa mengatakan dia membuatnya agar putranya Hanson dan krunya dapat menyimpan kue dalam perjalanan panjang, yang mungkin membantu menangkal penyakit kudis dan pilek.

Nyonya Gregory meletakkan hazelnut atau kenari di tengahnya, di mana adonan mungkin tidak akan matang sepenuhnya, dan secara literal menyebutnya donat.

Donat berlubang pertama kali dibuat oleh Hanson Crockett Gregory, kapten kapal asal Denmark, di Amerika Serikat.

Lubang dibuat supaya donat matang dengan sempurna. Selain itu lubang ini juga berfungsi untuk memperluas bidang sehingga minyak dapat menggoreng bagian dalam dengan lebih efektif.

Dari situlah, donat kemudian menjadi makanan favorit di berbagai belahan dunia, terutama di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Bahkan, donat menjadi cemilan khas tentara AS saat dalam Perang Dunia I dan II.


3. Dalgona Coffee

Ilustrasi Dalgona Coffe
Ilustrasi Dalgona Coffe. foto/istockphoto


Minuman berbasis kopi ini dipopulerkan oleh aktor Jung Il Woo, hingga akhirnya mendunia. Sepanjang masa karantina atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masyarakat membuat dagona coffee di rumah.

Dikutip dari Los Angeles Times, dalgona coffee juga dikenal sebagai whipped coffee di tempat-tempat seperti India, Pakistan dan Macao. Asal usul permen Korea ini tidak pasti.

Namun, menurut Gwangju News, permen ini diduga berasal dari Busan pada tahun 1960-an. Berbeda dengan kopi asli dari Inggris dan Barat, resep permen Korea sangat sederhana.

Dalgona coffee juga dibuat dengan mudah. Hanya butuh kopi instan, gula, dan air panas dengan perbandingan yang sama. Misalnya, masing-masing dua sendok makan, dikocok hingga berbusa. Kemudian, diletakkan di atas gelas dengan susu dan es batu.


3. Odading

Ilustrasi Odading
Ilustrasi Odading. foto/istockphoto


Makanan ini mendadak viral karena sosok Ade Londok dari Bandung, yang mempopulerkannya. Odading `Mang Oleh` yang disebutnya, sempat beredar luas di media sosial.

Nama odading tampaknya asing bagi orang-orang di luar Jawa Barat. Odading memiliki banyak sebutan kue bantal di Jakarta.

Di Malang, sebutannya sebagai roti goreng dan di Semarang atau Yogyakarta sebutannya adalah Bolang-Baling.

Makanan di Indonesia juga dipengaruhi oleh faktor dari buaya luar, seperti odading yang sempat viral ini berasal dari budaya Cina. Di negara asalnya, odading dinamakan Hum chim paeng atau kue goreng dari Kanton.

Kudapan ini dibuat dengan bahan-bahan sama halnya seperti donat. Berbahan tepung, telur, gula, dan ragi untuk membuatnya mengembang. Kemudian, adonannya dibentuk kotak, digoreng hingga menggembung dan rasanya manis.

Namun, hum chim paeng biasanya dibuat dengan beberapa variasi isi, termasuk kacang merah atau cokelat, demikian dilansir dari The Star.



Baca juga artikel terkait RESEP MASAKAN INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Desika Pemita
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Desika Pemita
Penulis: Desika Pemita
Editor: Dhita Koesno
DarkLight