Menuju konten utama

12 Modul Ajar Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Lengkap Semua Mapel

Modul Ajar adalah contoh bahan ajar dapat digunakan guru dalam proses belajar di kelas. Ada banyak contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8.

12 Modul Ajar Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Lengkap Semua Mapel
Ilustrasi guru sedang menyusun Modul Ajar. Ada banyak contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8 yang dapat digunakan guru secara langsung maupun untuk acuan. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Modul Ajar adalah contoh bahan ajar dapat digunakan guru dalam proses belajar di kelas. Ada banyak contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8.

Menjelang tahun ajaran atau semester baru, guru bisa mulai menyusun Modul Ajar. Penyusunan ini adalah fase penting karena guru bisa merancang skenario pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran (mapel), siswa, capaian pembelajaran hingga tujuan pembelajaran.

Sebagaimana bahan ajar, penyusunan Modul Ajar yang direncanakan dengan baik, akan memudahkan guru dalam melakukan proses pembelajaran. Tak sekadar itu, Modul Ajar juga berperan dalam menyusun serta menentukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.

Mapel Kelas 8 Apa Saja?

Tidak ada perbedaan yang signifikan untuk mata pelajaran Kelas 8 SMP/MTs/Sederajat di Kurikulum Merdeka maupun kurikulum sebelumnya. Berikut ini beberapa mapel untuk Kelas 8 SMP dalam Kurikulum Merdeka:

  • Matematika
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
  • Informatika
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
  • Seni Budaya
  • Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Apa Saja yang Harus Ada di Modul Ajar Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka?

Modul Ajar adalah alat atau sarana, media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis serta menarik.

Sejumlah komponen yang harus ada dalam Modul Ajar Kelas 8 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 sebagaimana dilansir laman UNY sebagai berikut:

1. Informasi Umum Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 8

a. Identitas Modul

  • Nama penyusun, institusi, dan tahun disusunnya Modul Ajar.
  • Jenjang sekolah (SD/SMP/SMA)
  • Kelas
  • Alokasi waktu (alokasi waktu sesuai dengan jam pelajaran yang berlaku di unit kerja masing-masing)

b. Kompetensi Awal

Berisi pengetahuan atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu.

c. Profil Pelajar Pancasila

Ini adalah tujuan akhir dari suatu kegiatan pembelajaran yang berkaitan erat dengan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila saling berkaitan dan terintegrasi dalam seluruh mata pelajaran.

Ini terlihat jelas dalam:

  • Materi/isi pelajaran
  • Pedagogik
  • Kegiatan proyek
  • Asesmen.

d. Sarana dan Prasarana

Fasilitas dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

e. Target Peserta Didik

Peserta didik yang menjadi target yaitu:

  • Peserta didik regular/tipikal
  • Peserta didik dengan kesulitan belajar
  • Peserta didik dengan pencapaian tinggi.

f. Model Pembelajaran

Model atau kerangka pembelajaran yang memberi gambaran sistematis mengenai pelaksanaan pembelajaran.

2. Komponen Inti Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 8

a.Tujuan Pembelajaran

Bagian ini harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman.

b. Pemahaman Bermakna

Informasi mengenai manfaat yang akan diperoleh setelah mengikuti proses pembelajaran.

c. Pertanyaan Pemantik

Pertanyaan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri siswa.

d. Kegiatan Pembelajaran

Ini merupakan urutan kegiatan pembelajaran inti yang ditulis dalam bentuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan dituangkan secara konkret. Selain itu, disertakan juga pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa.

e. Asesmen

Untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan. Jenis asesmen yang dilakukan ada tiga:

Bentuk asesmen bisa berupa:

  • Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya dan anecdotal
  • Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal)
  • Tertulis (tes objektif, esai, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).

f. Pengayaan dan Remedial

Pengayaan diberikan pada siswa dengan capaian tinggi agar siswa dapat mgembangkan potensi secara optimal. Remedial diberikan kepada siswa yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang.

3. Lampiran Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 8

a. Lembar Kerja Peserta Didik

Ditujukan pada para siswa dan dapat diperbanyak sesuai kebutuhan.

b. Glosarium

Kumpulan istilah dalam suatu bidang secara alfabetik yang dilengkapi dengan definisi dan artinya.

c. Daftar Pustaka

Sumber referensi yang digunakan dalam pengembangan Modul Ajar.

Kumpulan Modul Ajar Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Lengkap

Untuk melihat contoh Modul Ajar SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka, pengguna bisa mengeklik link berikut ini sesuai dengan mapel masing-masing:

  1. Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8 Mapel PAI
  2. Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8 Mapel PPKN
  3. Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8 Mapel Bahasa Indonesia
  4. Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8 Mapel Bahasa Inggris
  5. Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8 Mapel Matematika
  6. Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8 Mapel IPA
  7. Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8 Mapel IPS
  8. Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8 Mapel PJOK
  9. Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8 Mapel Prakarya
  10. Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8 Mapel Informatika
  11. Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Kelas 8 Mapel SKI

  12. Modul Ajar BK SMP Kurikulum Merdeka Kelas 8

Selain Kelas 8 SMP, ada banyak modul untuk berbagai kelas dan jenjang sekolah. Contoh-contoh modul tersebut dapat diakses melalui tautan sebagai berikut:

LINK KUMPULAN MODUL BERBAGAI KELAS DAN JENJANG

Baca juga artikel terkait MODUL AJAR atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Edusains
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Syamsul Dwi Maarif