Mensos Risma: Anak Korban Kekerasan Seksual di Pati dalam Pemulihan

Reporter: Riyan Setiawan, tirto.id - 8 Agu 2022 10:38 WIB
Kemensos mendampingi anak korban kekerasan seksual di Pati, Jawa Tengah, berinisial N (15) selama proses persidangan.
tirto.id - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan siswi SMP berinisial N (15) yang menjadi korban kekerasan seksual di Pati, Jawa Tengah, saat ini dalam pemulihan.

N kini dirawat di RSUD Soewondo, Pati, setelah mengalami kekerasan seksual dari orang yang dikenalnya melalui media sosial.

"Kondisinya sudah lebih baik, sudah lebih sehat dan kuat, begitu juga kondisi psikisnya," kata Risma saat menjenguk korban di RSUD Soewondo, Jawa Tengah, Minggu (7/8/2022).

Kasus tersebut diterima Risma dari pemindaian media yang dilakukan oleh Kemensos. Hal ini sebagai upaya merespons cepat permasalahan sosial di masyarakat. Dia menekankan pentingnya perlindungan pada anak agar kasus serupa tidak terjadi lagi.

"Terutama anak-anak bisa belajar agar hal yang sama tidak terjadi pada dirinya. Jadi tidak mudah digoda, tidak mudah dirayu, karena mereka harus memikirkan masa depan," tuturnya.

Belajar dari kasus tersebut, Risma menyampaikan pesan kepada generasi muda untuk lebih dekat dengan keluarga, salah satunya ibu, dibandingkan media sosial. Dia menyebut media sosial seolah-olah dekat dengan anak-anak, tetapi lebih banyak jebakan.

"Bahkan rayuan untuk menarik anak-anak," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sentra Margo Laras Pati mengatakan Kementerian Sosial memberikan bantuan kepada N berupa kebutuhan dasar dan nutrisi senilai Rp7,7 juta. Kemensos juga akan memberikan bantuan kewirausahaan berupa toko kelontong kepada ibunya N.

Pendampingan terhadap N selama proses persidangan juga dikawal oleh Kemensos. Selama proses pendampingan, korban juga disediakan rumah aman.


Baca juga artikel terkait PERLINDUNGAN KORBAN KEKERASAN SEKSUAL atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight