Mengenal Komet SWAN yang akan Terlihat Pada Pertengahan Mei

Oleh: Rachma Dania - 8 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
NASA mempradiksi Komet SWAN akan terlihat pada pertengahan Mei. Di Indonesia, Komet ini bisa disaksikan mulai 2 - 18 Mei 2020.
tirto.id - Diprediksi sebuah komet, C/2020 SWAN akan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi pada jarak 0,56 unit astronomi atau 85 juta kilometer. Komet tersebut memiliki kecepatan 48,996 km per detik dan akan melintas pada 13 Mei mendatang.

Komet SWAN pertama kali diketahui keberadaanya oleh astronom bernama Michael Mattiazzo pada akhir Maret melalui kamera milik NASA dan ESA yang ada pada kapal ruang angksa Solar and Heliospheric Observatory (SOHO). Selanjutnya kamera tersebut diberi nama Solar Wind Anisotropies (SWAN).

Dilansir dari NASA Komet SWAN yang digadang-gadang menjadi komet paling terang tahun ini diketahui mengelilingi matahari dalam periode sekitar 25 juta tahun. Sehingga terakhir kali komet tersebut terlihat di tata surya terjadi pada Zaman Oligosen.

Komet yang memiliki nama lengkap C/2020 F8 (SWAN) ini kembali muncul pada bulan beberapa hari yang lalu dengan ekor yang mengagumkan. Komet tersebut berasal dari dari luar sistem tata surya dan beberapa bulan ini mulai melewati ortbit Bumi.

Komet ini diprediksi akan mencapai jarak terdekat dengan bumi pada 13 Mei 2020 dan paling dekat dengan Matahari pada 27 Mei di tahun yang sama.

Pada saat ini jarak komet SWAN dengan bumi yakni 90.684.824 km dan membutuhkan waktu sebanyak lima menit dua detik untuk komet sampai ke bumi.

Disebutkan pada skyandtelescope.org SWAN akan berada pada langit timur selama 90 menit hingga 2 jam sebelum matahari terbit pada minggu kedua pada Bulan Mei. Selanjutnya Pada tanggal 21 Mei ketinggiannya meningkat menjadi sekitar 5 ° dan kemudian menurun pada akhir bulan Mei.

Meskipun kecerahan komet sangat sulit diprediksi, SWAN nantinya akan cukup cerah untuk dilihat dengan mata telanjang hingga mencapai 6 Magnitudo.

Di Indonesia, mengutip dari laman resmi instagram Bosscha Observatory (bosschaobservatory) Komet SWAN sudah bisa dilihat mulai dari tanggal 2 Mei hingga 18 Mei 2020, tepatnya pada jam 05.00-05.45 WIB sebelum matahari terbit.

Cara memotret komet tersebut dengan mengaragkan kamera DSLR ke Timur lalu ambil foto dengan ISO tinggi dan waktu bukaan sekitar 30 detik.

Sementara itu, NASA baru saja menemukan komet baru melalu proyek NEOWISE yang dinamakan Comet NEOWISE (C / 2020 F3). Pada saat ini komet bersinar pada magnitudo 11 dengan koma sangat padat. Komet hanya terlihat di belahan bumi selatan untuk saat ini.

Komet ini akan menghilang pada awal Juni kemudian akan kembali ke langit fajar pada belahan Bumi bagian Utara pada Bulan Juli.


Baca juga artikel terkait KOMET SWAN atau tulisan menarik lainnya Rachma Dania
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Rachma Dania
Penulis: Rachma Dania
Editor: Yantina Debora
DarkLight