Menuju konten utama

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Materi Bahasa Inggris kelas 9 semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka mencakup lima bab. Daftar setiap chapter dapat dipelajari dengan baik dan benar.

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka
Ilustrasi Bahasa Inggris. foto/IStockphoto

tirto.id - Materi Bahasa Inggris kelas 9 semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka bisa dipelajari oleh siswa maupun sebagai bahan ajar guru. Simak link download materi.

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka. Kurikulum memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

Mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 9 SMP semester 1 dan semester 2 mencakup capaian dan karakteristik Kurikulum Merdeka. Sesuai karakteristik dan maksud capaian, tersedia buku pegangan bagi siswa.

Akses dapat diperoleh lewat situs Sistem Informasi Perbukuan Indonesia (SIBI) yang meliputi buku teks dan nonteks materi Bahasa Inggris Kelas 9 Kurikulum Merdeka.

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Kurikulum Merdeka

Materi Bahasa Inggris kelas 9 Kurikulum Merdeka setidaknya menyediakan lima bab untuk satu tahun ajaran. Setiap semester terdiri dari beberapa bab atau chapter.

Peserta didik dapat mempelajari suatu topik secara lebih fokus. Namun, mereka tetap mempelajari materi yang berkaitan dengan topik tersebut.

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1

Chapter 1: Exploring Fauna of Indonesia

Setiap bab/chapter terdiri dari beberapa unit/bagian. Chapter 1 ada tiga unit. Setiap unit setidaknya mencantumkan pembagian fokus. Di antaranya seperti fungsi, penggunaan bahasa, membaca, dan mendengarkan, dan sebagainya. Simak penjelasannya berikut ini:

Unit 1. Bekantan

Murid mengenal bekantan sebagai salah satu binatang khas Indonesia. Dengan mengetahui ciri-cirinya, murid belajar mengetahui kelompok kata benda beserta karakteristik, seperti monyet berhidung panjang.

Murid mendengarkan monolog dan dialog untuk mengetahui informasi spesifik mengenai hewan bekantan.

Unit 2. Orangutan and Gorilla

Murid dapat mengidentifikasi informasi spesifik mengenai kehidupan alam liar Indonesia beserta satwa. Mereka nantinya mempelajari kata kerja kepemilikan serta bagaimana menggunakan kata has dan have.

Dalam unit ini, murid membaca descriptive text untuk memperoleh informasi spesifik mengenai orangutan dan gorila. Tidak hanya membaca, murid juga dapat melihat informasi detail mengenai orangutan.

Unit 3. Indonesian Birds

Fungsi unit adalah murid dapat mendeskripsikan karakteristik dan keistimewaan binatang. Dengan begitu murid mulai menggunakan passive voice.

Murid dapat mendengarkan dialog untuk mendapatkan informasi spesifik. Selain itu, peserta didik juga membaca teks deskriptif untuk memperoleh informasi spesifik mengenai cendrawasih.

Selanjutnya, murid dapat menulis report text tentang burung. Sejenis teks laporan yang mengungkapkan sesuatu tidak secara spesifik.

Chapter 2: Taking Trips

Chapter 2 berisi mengenai perjalanan. Sama seperti Chapter 1, terdapat tiga unit pula. Di sini murid dapat memahami ruang dan perjalanan yang telah terjadi di masa lampau. Rinciannya seperti berikut ini:

Unit 1. Going to a National Park

Murid dapat bercerita mengenai peristiwa lampau. Sehingga mengenal past tense. Tidak hanya itu, mereka juga mengenal bentuk negatif suatu kalimat, bentuk pertanyaan, dan jawaban singkat.

Peserta didik mendengarkan dialog mengenai informasi spesifik mengenai pengalaman bepergian ke taman nasional. Murid dapat berbicara serta mengatakan informasi spesifik berdasarkan situasi.

Unit 2. What did you do there?

Unit ini berfungsi agar murid mengidentifikasi bagian peristiwa lampau. Mereka mempelajari klausa dan menyebutkan pengalaman/peristiwa/aktivitas secara runtut.

Kemudian membaca beberapa recount textsuntuk mendapatkan informasi spesifik mengenai pengalaman liburan. Lalu melihat foto-foto dengan takarir/caption untuk mengetahui informasi spesifik.

Unit 3. My Underwater Adventure

Murid dapat mengenal recount text, jenis teks yang berisi peristiwa masa lampau. Dengan begitu, mereka akan belajar menggunakan tense yakni past continuous dan past simple.

Peserta didik membaca recount text mengenai informasi yang spesifik mengenai suatu pengalaman atau peristiwa. Selain itu, murid juga menulis kalimat seperti yang terdapat dalam recount text karena sebelumnya sudah mempelajari past continuous dan past simple tense.

Tidak hanya itu, murid juga menulis recount text. Merkea tidak hanya membaca dan menulis, tapi diajak menulis puisi pendek. Ini berguna untuk mengekspresikan pengalaman secara terstruktur dalam teks panjang.

Ilustrasi Bahasa Inggris

Ilustrasi Bahasa Inggris. foto/IStockphoto

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 2

Chapter 3: Journeys to the Fantasy Worlds

Unit 1. Andre and Princess Suripit

Unit ini membantu murid menceritakan cerita fantasi. Untuk bercerita, mereka perlu menggunakan kata “was” dan “were”.

Peserta didik mendengarkan babak naratif sebuah cerita. Selain itu, menulis kalimat berdasarkan gambar menggunakan kata “was” dan “were”.

Unit 2. Back to the 90s

Murid menganalisis dan mencari pemecahan masalah yang dihadapi tokoh utama. Peserta mempelajari ujaran tidak langsung untuk pertanyaan. Selain itu, murid juga membaca teks naratif.

Unit 3. The Multiverse Story of Timun Mas

Unit ini berfungsi membantu murid dalam menulis cerita fantasi. Mereka dapat mengetahui struktur teks naratif, sebuah kaitan dalam mengembangkan peristiwa yang tidak biasa dan tak terduga.

Struktur teks naratif itu terdiri dari orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda atau tahap akhir penyelesaian. Murid membaca teks naratif, lalu menulis babak peristiwa dalam cerita. Selain itu, menulis puisi pendek.

Chapter 4: Upcycling used materials

Unit 1. Look at My New Creation

Unit ini membicarakan hal-hal dengan mendeskripsikan material dan fungsinya. Murid dapat mengetahui urutan kata sifat dari mendeskripsikan material dan fungsi suatu benda.

Mereka mendengarkan monolog dan dialog untuk mengetahui informasi tertentu mengenai daur ulang. Selain itu, mendeskripsikan beberapa gambar.

Kemudian menciptakan sesuatu yang baru dari material yang telah digunakan dan mendeskripsikan dengan menggunakan kata sifat yang sudah dipelajari.

Unit 2. They're On Sale!

Mengidentifikasi dan mengategorisasi informasi spesifik mengenai barang dan harga. Murid dapat mengetahui cara menanyakan harga dan menjawab.

Selain itu, membaca komik dan deskripsi singkat mengenai informasi spesifik barang bekas. Istilah barang bekas disebut “preloved goods”.

Unit 3. Let's Donate

Murid dapat mendeskripsikan objek dengan karakteristik dan detail yang spesifik. Dengan begitu, mereka belajar menggunakan bentuk pasif.

Peserta membaca teks deskriptif mengenai kejadian untuk mengetahui informasi spesifik mengenai toko amal. Tidak hanya itu, melihat dan menulis teks deskriptif beserta puisi pendek.

Chapter 5: Digital Life

Unit 1. Let's Check the Facts!

Murid menggunakan perintah dalam teks prosedur. Kemudian membuat kalimat perintah untuk digunakan dalam teks. Peserta mendengarkan dialog untuk memperoleh informasi spesifik mengenai cara menggunakan internet.

Selain itu, mendengarkan monolog untuk mendapatkan informasi spesifik mengenai cara membuat buku saku. Dalam praktik berbicara, peserta melakukan percakapan mengenai cara mencari informasi di internet.

Unit 2. Stay Safe in the Digital World

Mengidentifikasi informasi tertentu seperti cara agar tetap aman dalam jaringan (online). Berbeda dengan unit sebelumnya, murid menggunakan kalimat perintah yang mengandung kata “always” (selalu) dan “never” (jangan pernah).

Selain itu, murid juga membaca teks prosedur dan infografis untuk memperoleh informasi tertentu.

Unit 3. Turn Back Hoax!

Mengajak murid menulis teks prosedur. Peserta belajar bagian atau elemen teks prosedur. Lalu membaca teks prosedur untuk mendapatkan informasi spesifik mengenai cara menemukan berita palsu.

Ini termasuk tujuan kegiatan, bahan yang diperlukan, dan langkah-langkahnya. Dilanjutkan menganalisis infografis untuk memperoleh informasi spesifik mengenai cara menyaring berita. Kemudian menulis teks prosedur mengenai cara menjadi pemeriksa ahli.

Link Buku Bahasa Inggris Kelas 9 Kurikulum Merdeka PDF

Untuk memudahkan pembelajaran, peserta didik dapat mengunduh buku Bahasa Inggris Kelas 9 Kurikulum Merdeka. Buku digital dapat dipelajari secara mandiri.

Di dalamnya terdapat materi yang disajikan secara menarik dengan ilustrasi. Buku berjudul “English for Nusantara” tergolong mudah dipahami dan nyaman dibaca.

Berikut ini link unduh Buku Bahasa Inggris Kelas 9 Kurikulum Merdeka:

Link Buku Bahasa Inggris Kelas 9 Kurikulum Merdeka PDF

Baca juga artikel terkait KURIKULUM MERDEKA atau tulisan lainnya dari Umu Hana Amini

tirto.id - Edusains
Kontributor: Umu Hana Amini
Penulis: Umu Hana Amini
Editor: Beni Jo & Fitra Firdaus